Dyah Erti Idawati Apresiasi Inisiatif Mahasiswa Wujudkan Kota Tanpa Kumuh

Sabtu 23 November 2019
BANDAACEH, RIAUPUBLIK.COM-- Istri Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, mengapresiasi mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Syah Kuala atas inisiatif melakukan pembenahan di  kawasan Gampong Peuniti dengan membuat seni mural di sepanjang Jalan Amaliah guna mewujudkan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Hal itu ia sampaikan saat meresmikan live mural warna warni peduli 2019 di kawasan Gampong Peuniti, Kota Banda Aceh, pada Sabtu, 23/11.

“Saya sebagai salah satu Dosen di Tehknik Arsitektur Unsyiah turut merasa bangga, karena para mahasiswa ini sudah berinisiatif untuk melakukan pergerakan pembenahan di gampong. Artinya mahasiswa tidak lagi disuapi terus menerus namun sudah mampu melakuakan inisatif dengan melakukan inovasinya,” kata Dyah.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi Perguruan Tinggi Negeri untuk mendorong mahasiswa dan dosen agar terus melakukan pergerakan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Tidak cukup hanya dipelajari secara teori, tapi juga diaplikasikan di lapangan.

Sebagai generasi yang akan meneruskan estafet bangsa, Kata Dyah, sudah sepatutnya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut terus digalakkan demi mewujudkan cita- cita Aceh Hebat dengan menghasilkan kota tanpa kumuh.

Selain itu, Dyah menyebutkan, bahwa kegiatan serupa juga sedang digalakkan oleh pemerintah Aceh dalam gerakan BEREH, yakni akronim dari Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau. Saat ini, gerakan tersebut masih diterapkan di seluruh kantor atau pun bangunan milik Pemerintah Aceh, hal itu dilakukan untuk menghadirkan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman.

Program-program seperti ini, harap Dyah, juga dapat diterapkan di lingkungan hidup sehari-hari sehingga mampu menciptakan lingkungan hidup yang nyaman bagi masyarakat, yang nantinya juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh dengan mural dan kebersihan lingkunganya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Fauzi, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk rangsangan bagi mahasiswa untuk dapat terjun langsung dalam gerakan pembenahan di setiap gampong agar dapat menjaga kebersihan dan keindahan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang indah dan bersih.

Selain itu, gerakan tersebut juga mampu mendorong masyarakat khussnya Gampong Peuniti agar terus melakukan pembenahan sehingga upaya pemerintah melalui program KOTAKU mampu tercapai. Ia menyebutkan kegiatan live mural tersebut dilakukan atas inisiasi mahasiswa Tekhnik Arsitektur Unsyiah yang bekerja sama dengan KOTAKU.*(MJ).

Related

Riau 3952871683878225765

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item