Bupati Meranti Buka Sosialisasi Program PAMSIMAS III Tahun 2019, Program Sekat Kanal Satu Solusi Atasi Masalah Kebutuhan Air Bersih

Kamis, 12 September 2019
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM-- Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si membuka kegiatan Sosialisasi PAMSIMAS III Tahun 2019, dalam kegiatan itu Bupat menyarankan pembuatan Sekat Kanal didaerah-daerah rawan air bersih sehingga dapat dikelola dan di sinkronkan dengan program PAMSIMAS dalam rangka menyediakan pelayanan air bersih kepada masyarakat, bertempat di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/9/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod, Ketua Kordinator 4 PAMSIMAS Provinsi Riau Herwanis , Inspektor Meranti Drs. Suhendri, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat dan Kades Se-Kabupaten Meranti.

Seperti dijelaskan Kepala Bappeda Meranti Dr. H. Makmun Murod Air bersih merupakan kebutuhan vital masyarakat kondisi saat ini banyak Desa di Indonesia termasuk Kepulauan Meranti yang belum memiliki fasilitas air bersih yang memadai akibat terbatasanya kemampuan penyediaan air bersih oleh masyarakat.

Sebagai solusi penyediaan air bersih Pemerintah Pusat dan Daerah berusaha memfasilitasi  melalui pelaksanaan program PAMSIMAS berbasis masyarakat yang saat ini memasuki tahun ke-III. Hingga 2019 saat ini diakui Murod, program PAMSIMAS telah menyentuh 79 Desa di Meranti yang didanai oleh APBN dan APBD Meranti.

"Semoga dengan adanya program PAMSIMAS ini dapat mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, meningkatkan akses Sanitasi dan partisipasi masyarakay dalam meningkatkan pelayanan air bersih," jelasnya.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menjelaskan, program PAMSIMAS sangat dibutuhkan masyarakat Meranti, hal itu menimbang kondisi Meranti yang berpulau dan berada dipinggir laut yang menyebabkan sebagian besar wilayah di Meranti tidak terdapat sumber air tawar.

Salah satu solusi penyediaan air bersih menurut Bupati dapat diupayakan dengan membuat Sekat Kanal yang cukup berhasil mengatasi kebutuhan air bersuh masyarakat. Seperti yang telah diterapkan di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur dan Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat yang telah berhasil meraih penghargaan Nasional. Apa yang telah dilakukan di dua Desa ini menurut Bupati dapat diikuti oleh Desa lainya melalui program kerja.

Dan kepada OPD terkait dan Stake Holders, Bupati juga meminta untuk melakukan pemantauan daerah-daerah yang rawan air bersih ditengah masyarakat untuk dimasukan dalam program PAMSIMAS, selain itu program jaringan air bersih juga dapat diusulkan melalui program CSR perusahaan yang beroperasi di Meranti seperti Bank Riau Kepri, PT. Timah dan RAPP.

"Semoga harapan pemerintah dalam rangka memberikan akses air bersih dan Sanitasi kepada masyarakat Meranti dapat meningkat signifikan," ucap Bupati.

Sementara untuk penyediaan jaringan air bersih di Kota Selatpanjang Bupati meminta secepatnya dapat dilakukan, dengan mengambil sumber air bersih yang berasal dari Sekat Kanal yang berada di Desa Kundur. Dengan begitu masyarakat Kota Selatpanjang dapat menikmati air bersih seperti yang dirasakan masyarakat di Kota Kota lainnya di Indonesia. (KZ/Humas Pemkab.)

Related

Meranti 1025729742935533897

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item