Pembukaan Musrerbang 2019, Catur Sugeng: Mari Kita Tingkatkan Daya Saing Wilayah

Selasa, 16 April 2019
RIAUPUBLIK.COM, KAMPAR-- Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar tahun 2019. Kegiatan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Kampar tahun 2020 itu digelar di aula kantor Bupati Kampar, Selasa (26/3/2019).

Musrenbang tahun 2019 ini mengangkat tema "Meningkatkan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi dalam Meningkatkan Daya Saing Wilayah".

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Kampar H Yusri, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri dan sejumlah anggota DPRD Kampar. Termasuk juga Forkopimda Kabupaten Kampar, narasumber, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal dan Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, camat, tokoh masyarakat, LSM, pers dan undangan lainnya.

Bupati Kampar menyampaikan, Musrenbang RKPD 2019 adalah wadah musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder Kabupaten Kampar untuk merumuskan lebih lanjut rancangan RKPD berdasarkan rancangan Renja perangkat daerah, hasil forum gabungan perangkat daerah dan pra musrenbang Kabupaten.

Hasil akhir tahapan perencanaan ini adalah dokumen RKPD tahun 2020 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Kampar dan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan verifikasi Renja Perangkat Daerah.

"Dengan demikian seluruh Renja Perangkat Daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam Dokumen RKPD Tahun 2020," ujarnya.

Pada kesempatan itu bupati Kampar juga melaunching sistem aplikasi e-Monev Bappeda Kabupaten Kampar. Aplikasi ini merupakan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pembangunan berbasis Elektronik untuk memonitor dan mengevaluasi kerja dan kinerja kegiatan perangkat daerah dan pemerintah daerah.

Evaluasi tersebut didasarkan atas perkembangan pelaksanaan fisik dan serapan dana kegiatan serta perkembangan indikator input dan output kegiatan. Dengan aplikasi ini, semua hal yang telah disampaikan terkait kerja dan kinerja perangkat daerah dan pemerintah daerah dapat diakses dengan mudah dan cepat.

"Selain itu dengan adanya Aplikasi E-MONEV akan terjadi standarisasi format pelaporan seluruh OPD kepada BAPPEDA Kabupaten Kampar," ujar Bupati.

Kepala Bappeda Kampar, Afrizal, dalam laporannya menyampaikan bahwa keluaran dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar tahun 2019 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2020. Kesepakatan itu meliputi rencana program dan kegiatan prioritas daerah dan berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar tahun 2019.

Kasubdit Perhubungan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Suprayitno, menjadi narasumber pada kegiatan ini. Ia mengupas tentang status perda RPJMD Kabupaten Kampar, program Nawa Cita 2014-2019 dab Rencana Pembangunan Wilayah Sumatera Tahun 2018-2024. Termasuk juga membahas Rencana Pembangunan Pemerintah (RKP) tahun 2020, Kebijakan Pusat yang harus diperhatikan daerah dab Arah Pengembamgan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Sementara itu narasumber kedua, Fungsional Perencana Madya Bappeda Provinsi Riau, Tien Mastina, dalam paparannya menyampaikan materi tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Riau tahun 2020. Selain itu tentang pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau, permasalahan pembangunan provinsi Riau, visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2019-2024.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal menyampaikan materi tentang arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kampar dalam rencana pembangunan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kampar.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, membuka Musrenbang Kabupaten Kampar 2019 dan Launching Aplikasi E-Monev, di aula kantor Bupati Kampar, Selasa (Adventorial-Kominfo/Nandra)

Related

kampar 3184282600814802834

Posting Komentar

emo-but-icon

PKB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item