Dinsos PPPA Natuna Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Pelaku Industri Rumahan

Rabu, 01 Mei 2019
NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Natuna, melakukan Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Pembinaan Industri Rumahan (IR), kepada kaum perempuan di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut (BTL). Selasa (30/04/2019) siang.

Kepala Dinas Sosial PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesetaraan Gender dan Pemenuhan Hak Perempuan, Yuli Ramadhanita, menjelaskan, bahwa Pembinaan Industri Rumahan atau IR, adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi terhadap kaum perempuan, sesuai dengan program 3 Ends Plus.

3 Ends Plus adalah singkatan dari Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Akhiri Perdagangan Perempuan dan Anak, Akhiri Kesenjangan Ekonomi Perempuan dan Akhiri Ketertinggalan Politik Perempuan.

"Kelompok Industri Rumahan yang  menjadi binaan kami baru ada tiga Desa yang ada di Kecamatan Bunguran Timur Laut. Yaitu Desa Limau Manis, Desa Tanjung dan Desa Ceruk," terang Nita (sapaan akrabnya).

Nita mengatakan, bahwa kelompok Industri Rumahan yang mereka bina saat ini, adalah kelompok Industri Rumahan yang usahanya dibawah Mikro. Tujuannya, adalah untuk meningkatkan kemampuan perempuan ditingkat Desa, yang memiliki potensi, namun tidak memiliki mental untuk melakukan interpreneur. Keterbatasan modal usaha merupakan kendala yang paling utama bagi para anggota kelompok Industri Rumahan tersebut.

"Ini yang akan menjadi perhatian kita kedepan. Kita akan terus memberikan pembinaan, agar usahanya terus meningkat. Dari kelas IR 1 menjadi IR 2 bahkan sampai ke IR 3," ungkapnya.

Kata Nita, beberapa kelompok Industri Rumahan tersebut, sudah mereka bina lebih dari 2 tahun. Yaitu dari mulai tahun 2017 sampai tahun 2019 saat ini.

Beberapa pelatihan sudah dilakukan oleh Dinsos PPPA Natuna, terhadap kelompok Industri Rumahan yang ada di Kecamatan Bunguran Timur Laut tersebut. Diantaranya pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengenalan koperasi, pelatihan diversifikasi produk hingga pelatihan pembuatan olahan pangan berbahan dasar ikan. Dan pada tahun ini rencananya juga akan dilakukan pelatihan pengelolaan keuangan.

"Dalam melakukan pembinaan ini, kita juga melibatkan seluruh OPD terkait,  untuk ikut bersama-sama membuat program peningkatan ekonomi dengan kelompok ini menjadi sasaran kegiatan, supaya bisa meningkatkan kelasnya," imbuh Nita.

Nita menambahkan, bahwa sebelumnya Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI pada tahun 2018 lalu, juga telah memberikan bantuan peralatan bagi  kelompok Industri Rumahan tersebut. Dengan adanya bantuan peralatan tersebut, diharapkan para pelaku Industri Rumahan yang menjadi binaan Dinsos PPPA Natuna itu, bisa dengan mudah mengembangkan usahanya dan dapat meningkatkan ekonomi bagi keluarganya. (Win)

Related

Natuna 7460682676328869926

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item