Angkong Kan Menjadi Alat Bersejarah Di Lokasi TMMD

BLORA, RIAUPUBLIK.COM- Angkong, gerobag dorong satu roda, benar-benar menjadi "primadona" di lokasi TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke - 104 Kodim 0721/Blora, di Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo. Karena kondisi medan yang ekstrim, droping material tidak bisa sampai ke titik lokasi, satu-satunya alat bantu melangsir material adalah angkong.

Para anggota Satgas TMMD maupun warga mengakui jasa dari Angkong untuk mempermudah, memperingan langsir material tersebut.  ''Untuk melangsir material batu ukuran besar bisanya dipikul, namun untuk material pasir, kricak atau adonan semen, pelangsiran dengan menggunakan angkong,'' ungkap Kopka Hari, salah atu anggota Satgas TMMD.

Menurutnya, bisa jadi keberadaan angkong akan menjadi alat bersejarah di lokasi TMMD Jurangjero, artinya baik para Satgas maupun warga akan selalu teringat dengan gerobak besi berukuran mini itu, namun fungsinya sangat besar untuk mempermudah dan meringankan penyelesaian sasasaran fisik TMMD.

Menurut Koordinator lapangan Peltu Suharyanto, dengan banyaknya hambatan di semua pekerjaan fisik TMMD, salah satunya droping material, sama sekali tidak menyurutkan semangat Satgas yang selalu dibantu warga setempat. Mereka saling bahu membahu saat melakukan pelangsiran material secara manual.

Terpisah Peltu Rudy, anggota Satgas yang Danpos Bogorejo menambahkan, selama ini Satgas dan warga selalu berusaha untuk bisa melansir material dengan cara apapun. Mulai dengan memikul, termasuk dengan mengunakan alat pengangkut sederhana angkong. ''Angkong memang cuma itu satu satunya alat untuk mempermudah dan meringankan tenaga untuk melansir material,'' ungkap Peltu Rudy. (pendim 0721/Blora)

Related

TNI/Polri 7810369088636763536

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item