Perigatai Hari Pahlawan ke-73 Bupati Rohil Suyatno Sebagai Inspetur Upacara

Minggu 11 Nopember 2018 - 11:49:36 WIB
RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI-- Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp menjadi Inspektur Upacara Bendera peringatan ke-73 Hari Pahlawan tahun 2018 di halaman kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Sabtu (10/11/2018) pagi, akhir pekan lalu.

Apel Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November diikuti oleh Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi, para Forkopimda, veteran, para asisten, kepala OPD, para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Rohil, para Ormas, dan para siswa.

Dalam amanatnya, Bupati Suyatno membacakan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, bahwa setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam.

Perjuangan saat itu merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Dibulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah me*wariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan Cipta Secara Serantak Selama 60 Detik seperti yang saat ini dilakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air.

“Bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia, “sebutnya.

Dijelaskan, Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah: “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara,” Sebutnya.

Apel Peringatan Hari Pahlawan ini, ditutup dengan penyerahan bingkisan dan uang tunai kepada para veteran dan sekaligus penyerahan piagam penghargaan bagi peserta pemenang MTQ perwakilan Provinsi Riau asal Rohil di  tingkat Nasional tahun 2018 di Provinsi Sumatera Utara.

Penulis : Jum.


Related

Rohil 7551070892448249924

Posting Komentar

emo-but-icon

.

.

uc

uc

adv

adv

MAS

MAS

Ikl

Ikl

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item