‘Hidroponik Asik’ Bersama DWP Bakamla RI

Rabu, 18 Oktober 2017

BOGOR, RIAUPUBLIK.Com-- Dharmawanita Persatuan Bakamla RI pimpinan Ny. Tati Ari Soedewo kembali melakukan kegiatan peningkatan kapabilitas perempuan di lingkungan Bakamla RI. Kali ini kegiatan yang dilakukan seputar bercocok tanam dengan metode hidroponik di PT. Astra Komponen Indonesia (ASKI), Citeureup, Bogor, Rabu (18/10/2017).

Rombongan DWP Bakamla RI yang berjumlan 19 orang disambut hangat oleh Direktur Operasional PT. ASKI Bugie Wibowo Koesman. Mengawali kegiatan, rombongan diberikan pengarahan singkat mengenai dasar-dasar untuk memulai bercocok tanam dengan metode hidroponik. Pada dasarnya, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Selain itu, hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas. Media tanam pengganti tanah yang dapat digunakan seperti arang sekam, spons, baru apung, pasir, kerikil dan serbuk kayu. 

Keuntungan yang sangat utama dari bercocok tanam secara hidroponik adalah tidak memerlukan tanah, atau dalam hal ini tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Tanaman dapat ditanam menggunakan kotak atau baki yang dapat diletakkan di rak susun. Selain itu, media tanam dapat digunakan berulang kali dan tanaman relatif bebas dari hama.

Rombongan DWP Bakamla RI sangat antusias mengikuti kegiatan simulasi hidroponik dan berencana untuk menerapkannya di rumah dan juga di kantor Bakamla RI. Karena sangat mudah untuk dilakukan, hidroponik dapat diterapkan pada penyediaan tanaman obat di rumah atau sebagai tanaman produksi pangan sederhana di rumah. Tidak dapat dipungkiri, tujuan yang lebih besar di balik itu semua adalah untuk menjadikan bumi kita ini lebih hijau dan lebih sehat.



Related

TNI/Polri 5055233215316227557

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item