Pengamat Politik Saiman Pakpahan: Antara Petahana, Uang Dan Elektabilitas, Pilihan Dilematis Partai Golkar

Rabu, 06 September 2017
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Pengamat politik Riau Saiman pakpahan,SIP,MSi menilai pilihan Golkar untuk memposisikan Andi Rahman sebagai calon Gubri dalam Pilkada sudah pas. jika dilihat dari 2 pendekatan. Yakni kekuasaan yang sedang berlangsung sebagai Gubri, dan ketua DPW Partai Golkar Provinsi Riau.. ini kejadian politik yang gampang untuk diprediksi namun, jika pendekatannya adalah informasi yang berkembang dan hasil survey yang dilakukan oleh lembaga Survey, elektabilitas calon yang diusung oleh partai Golkar mengalami persoalan elektabilitas.

Ini biaya politik jangka panjang yang harus ditanggung partai politik Golkar, karena prediksi dan dugaan sementara yang memiliki peluang lebih besar dari Andi adalah Syamsuar. Syamsuar adalah Bupati Siak yang selama ini dikenal sukses membangun Siak. Bahkan figur satu ini menurut data diberbagai survey, (meski ada 1 lembaga survey yang menepatkan Harris berada pada posisi teratas) elektabilitasnya jauh  Haris, Yopi Bahkan petahana Andi Rahman,"Ucap pengamat politik yang lama berkecimpung dalam peneltian sosial dan politik di tanah air...

Saiman juga menegaskan, dalam pilkada, variable paling menentukan didalam Pilkada adalah Sosok dan figur.. pemilih akan menjadikan track record dan jejak rekam calon sebagai alasan untuk menentukan pilihan. Dalam konteks inilah Syamsuar dimenangkan, karena dianggap oleh publik di Riau sebagai Kabupaten yang telah dikelola dengan baik dengan sejumlah keberhasilan dan piagam penghargaan. Baik tingkat lokal, nasional maupun internasional..

"Andi punya 2 alasan yang tidak dimiliki oleh calon lain seperti Syamsuar dan juga Harris. Alasan tersebut di antaranya dikarenakan posisi dia saat ini sebagai Ketua DPP Golkar Riau dan juga Gubernur Riau," papar Saiman.

Lanjut Saiman,"Dalam pilkada, perahu hanya sebagai instrumen adminstrasi untuk mendaftar di KPU.. karena jualan politik Pilkada adaalh Figur, bukan Partai, jadi, terhadap dipilihnya Andi Rahman oleh Partai Golkar, tidak serta merta Andi Rahman menang didalam Kontestasi Politik Pemilu di Riau."Sebut Saiman Pakpahan.(r01)















Related

Riau 2677716324301411859

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item