Masalah TKI, Kemenlu Jalin Kerjasama dengan Instansi di Daerah

Rabu, 06/09/2017 - 12:47:30 WIB
 
BAGANSIAPIAPI, RIAUPUBLIK.Com - Banyaknya Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri baik legal maupun ilegal menjadi perhatian serius bagi Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan menjadi persoalan bersama.

Menyadari hal itu, Kemenlu mulai membangun jaringan dengan melibatkan beberapa dinas terkait di daerah seperti Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Imigrasi, Dinas Sosial (Dinsos) serta pihak kepolisian.

"Menlu mensosialisasikan kepada kita banyak masalah yang terjadi di luar negeri terhadap warga negara Indonesia yang bekerja baik yang secara legal maupun ilegal terutama WNI yang datangnya ilegal. Misalnya ada yang sakit, membunuh, mencuri serta lainnya sehingga mendapatkan hukuman di luar negeri. Termasuk WNI yang hilang," kata Kadisnaker Rohil, Ir H Amiruddin MM, Rabu (6/9/2017) di Bagansiapiapi.

Amiruddin menyebutkan, selama ini Kemenlu kesulitan untuk melacak dimana keluarga para WNI yang bermasalah di luar negeri di setiap daerah sehingga komunikasi terputus. Hal tersebut di sampaikan kemenlu saat acara yang di hadiri Disnaker baru-baru ini di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Selama ini kemenlu kesulitan untuk melacak dimana keluarganya sehingga komunikasi terputus untuk menyampaikan informasi. Makanya kemenlu ingin membangun jaringan bersama instansi terkait agar bisa menyikapi keberadaan TKI di daerahnya masing-masing," paparnya.

Kemenlu juga meminta kepada intansi yang ada di daerah agar memberikan sosialisasi kepada warganya terhadap permasalahan yang terjadi seandainya keluarganya ada yang ingin bekerja di luar negeri. Hal tersebut bertujuan untuk membantu dinas terkait melacak keluarga TKI yang ada di daerah masing-masing serta membuka jaringan antara kemenlu dengan pejabat yang ada di daerah.

"Itukan perlu dilacak siapa keluarganya. Kemenlu meminta kepada intansi yang ada di daerah untuk membantu memfasilitasi TKI yang bermasalah dengan keluarganya yang ada di daerah. Mereka siap datang ke daerah dengan biaya sendiri dan kita hanya menyediakan tempat serta memfasilitasi sehingga warga kita yang ada  bekerja di luar negeri bisa mendapatkan informasi," pungkasnya. 

Penulis : jum.

Related

Rohil 167934834420460122

Posting Komentar

.

.

uc

uc

b

b

adv

adv

MAS

MAS

Tni/polri

Tni/polri

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Pekanbaru

Newspelalawan

PANGLIMA TNI

PANGLIMA TNI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item