Pendatang dari Sumut Tinggalkan Asap di Bagansiapiapi

Selasa, 01/08/2017 - 14:21:10 WIB
BAGANSIAPIAPI, RIAUPUBLIK.Com-- Titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau pada Senin (31/7/2017) pagi jumlahnya mencapai 30 titik yang tersebar di sembilan kabupaten. Rokan Hilir (Rohil) terpantau ada enam titik. Namun dari enam tersebut terdapat level confidence sebanyak tiga titik.

Mirisnya lagi bahwa lahan yang terbakar di Gang Seiya, Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko adalah milik warga Sumatra Utara (Sumut). Keterangan ini didapat pihak kepolisian saat turun berjibaku memadamkan api di wilayah tersebut, Senin (31/7/2017) siang kemaren.

Kapolsek Bangko, Kompol Agung Triadi, SIK bersama puluhan personel turun melakukan pemadaman, saat ini pihaknya berjibaku dan tidak akan pulang sebelum padam. "Lokasinya luar biasa jauh, tapi sesuai intruksi Kapolres harus kita padamkan sampai tuntas," kata Kapolsek.

Tim Polsek Bangko turun ke Gang Seiya, Kelurahan Bagan Punak. Pihaknya langsung melakukan lidik di lapangan bahwa pemilik lahan bukanlah orang Rohil. "Kita sudah tanya warga sekitar bahwa pemiliknya orang Sumut," ujar Agung.

Sementara ini lokasi tersebut akan dipasang Police Line oleh polisi dan tidak dibenarkan siapapun melakukan aktifitas. Pihaknya akan melakukan penyelidikan lanjut atas kondisi ini mengingat banyak pihak yang dirugikan akibat Karlahut tersebut. "Kita akan tangkap siapapun pemilik lahan ini, yang jelas sudah tak lagi bisa dibiarkan karena lahan dibakar tapi pemilik tak berada di tempat." tegas Kapolsek.

Kepala badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, H Azhar Achmad Ali, SE MSi mengatakan bahwa kini pihaknya bersama TNI dalam hal ini langsung Dandim 0321, Letkol Atr Bambang Sukisworo tengah melakukan pemadaman di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko.

Ia memaparkan berdasarkan pantauan Sateli Tera Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, sebarannya antara lain di Kabupaten Inhil, Pelalawan, dan Dumai masing-masing satu titik panas.

Selanjutnya, Meranti dan Inhu masing-masiing dua titik panas. Disusul Siak tiga titik panas dan Rohul empat titik panas.

Kemudian, Rohil enam titik dan panas dan terbanyak di Bengkalis sepuluh titik panas. "30 titik panas tersebut masuk dalam level confidence lebih dari 50 persen. Sedangkan untuk hotspot berlevel confidence di atas 70 persen tercatat ada sepuluh titik yang berkemungkinan titik api. "Di Kabupaten Bengkalis ada enam titik, Rohil tiga titik, Siak satu titik dan Inhu satu titik," kata Azhar.

Untuk Bangko terdapat Empat titik api, sedangkan dua lagi di Tanah Putih dan Bagan sinembah. "Untuk saat ini kita fokus di hutan sekitaran Labuhan Tangga Kecil, memamg medannya sulit dijangkau karena jauh dari jalan sehingga menuju kesana harus membuka jalan baru melalui semak belukar," pungkasnya.

Penulis : jum.

Related

Rohil 8052919906347741514

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item