Plt Sekda Tinjau Tembok Taman Makam Pahlawan yang Roboh

     Jumat, 29 April 2016 | 11:05                                                                            Dilihat:132 Kali

Plt Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan MSi diwawancarai Wartawan saat meinjau Taman Makan Pahlawan yang Roboh
RIAUPUBLIK.COM, ROHIL-- Plt Sekda Drs H Surya Arfan Msi didampingi Asisten III  H Ali Asfar turun melihat kondisi tembok makam pahlawan yang Roboh, Kamis (28/4/2016) Siang, setelah mendapatkan perintah dari bupati, H Suyatno, hari itu juga sekitar pukul 12.30 Wib langsung turun ke lokasi tempat Makam Pahlawan tersebut.

Plt Sekda saat melihat robohnya pagar makam pahlawan tersebut mengaku terkejut. Surya Arfan melihat robohnya pagar tersebut bukan diakibatkan faktor kesengajaan, melainkan karena adanya pembangunan gedung di samping pagar.

"Sebelah ada bangunan besar, saat dilakukan pembangunan pekerja mengunakan alat Piling sehingga berpengaruh terhadap ketahanan pagar dan akibatnya terjadi keretakan. Karena sudah lama retak hari ini kemudian roboh," jelas Sekda.

Bupati memerintahkan dirinya untuk mengambil langkah atas robohnya pagar makam pahlawan tersebut. Salah satunya membersihkan dulu makam dari pung-puing batu pagar yang roboh, kemudian memanggil kosultan dan kontraktor untuk melakukan perbaikan terhadap pagar ini.

"Ini musibah tapi mereka yang bersemayam di makam ini adalah para pahlawan kita. Jadi tindakan segera harus dilakukan dalam waktu dekat perbaikan akan langsung dilakukan," kata Surya Arfan.

Sementara itu, sebelumnya Bupati, H Suyatno sempat ditanyai mengenai miringnya pagar makam pahlawan ini sebelum roboh. Saat itu dirinya dengan lantang mengaku kalau Pemkab sudah mengangarkan perbaikan pagar yang roboh tersebut pada tahun anggaran 2014 sebesar Rp1,5 milyar. "Namun sangat disayangkan Dinas terkait tidak bisa melaksanakan pembangunan tersebut. Sudah dianggarkan entah kenapa tak bisa dilaksanakan," kata bupati.

Dari informasi yang berhasil di rangkum di lapangan, pagar makam pahlawan tersebut roboh sekitar pukul 04.00 Wib subuh Kamis. Hal ini dikuatkan dengan penuturan salah satu warga, Untut. 

"Robohnya sekitar jam 04.00 Wib, penyebabnya saya tidak tau mungkin karena terlalu lama miring," katanya. Saat di hitung jumlah makam yang ada di makam pahlawan itu sekitar 55 makam. Namun, yang hancur akibat robohnya pagar mencapai 20 makam saja. (adv/Chan)

Related

Rohil 1725162947041517982

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item