Perlu Dibaca, Mudik Pakai Motor? Simak Tips-tips dari Polisi


RIAUPUBLIK.COM, JAKARTA-- Motor merupakan salah satu sarana transportasi yang digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Selain ongkos yang murah, motor menjadi salah satu alternatif karena bisa menembus kemacetan.

Akan tetapi, motor tidak disarankan untuk digunakan sebagai sarana mudik lantaran rawan kecelakaan. Namun, apabila tetap memaksakan untuk mudik menggunakan motor, ada baiknya menyimak tips agar mudik aman dan selamat saat menggunakan motor dari Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

"Sebelum berkendara, pastikan fisik dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara, kemudian siapkan kelengkapan dalam berkendara," ujar Budiyanto dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (25/6/2016).

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam berkendara motor seperti menggunakan helm SNI, mengenakan jaket pelindung dada dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh.

"Kemudian gunakan sepatu dan tidak dianjurkan menggunakan sandal dan bertelanjang kaki. Jangan lupa membawa SIM dan STNK, pakai sarung tangan dan siapkan sabuk pengaman bila membonceng anak," tambahnya.

Pastikan kelayakan kendaraan seperti memeriksa tekanan angin ban, mengecek ketebalan alur ban, memeriksa rem depan dan belakang, lampu sign, stang dan lainnya.

"Pastikan bensin sepeda motor terisi full atau mencukupi. Kemudian sesuaikan posisi kaca spion dengan benar agar pandangan lebih luas," imbuhnya. 

Related

TNI/Polri 268035513805459568

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item