Masjid Alfatih Al Ashar, Masjid Berbentuk Kakbah di Makassar

RIAUPUBLIK.COM, MAKASSAR - Masjid Alfatih Al Anshar, sebuah masjid yang berdiri di bilangan jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tello, Kecamatan Panakukang Makasar.
Masjid ini tak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah besar ataupun menara yang menjulang tinggi, tapi masjid ini memiliki keunikan tersendiri yang tak dimilki masjid lain.
Masjid Alfatih Al Anshar memiliki salah satu sudut yang dibentuk menyerupai bangunan suci di Kota Makkah, Kakbah.
Sebuah bentuk Kakbah dibangun dan melekat di dinding di sisi timur masjid, dengan ukuran lebar 7 meter, dan tinggi 12 meter, lengkap dengan Hajar Aswad di sudutnya.
Masjid ini mulai digunakan setahun yang lalu, sejak diresmikan sepekan sebelum bulan suci ramadan tahun 2015 lalu.
Pendirinya yaitu Mustamin Anshar, seorang konsultan keuangan pajak yang sangat mencintai masjid dan kakbah.
Nama Masjid Alfatih Al Ashar diambil dari gabungan nama cucu.Mustamin dan nama akhirnya.
Ustad Harun Khahar, salah satu Imam masjid yang ditemui, Senin (13/6) menceritakan bagaimana sejarah berdirinya masjid ini.
"Waktu itu pendiri masjid ini, Pak Mustamin Anshar beribadah di tanah suci Mekkah. Saat ibadah itu beliau mendapat hidayah. Ia merasa nikmat dan nyaman saat berada di dekat Kakbah," ungkapnya.
Mendapat hidayah tersebut, Mustamin pun memutuskan mendirikan sebuah masjid dengan memberi sentuhan kakbah, agar ia selalu merasa berada di dekat dengan kakbah.
Sebuah tanah seukuran 20x20 M yang ia menangkan dari proses lelang oleh perbankan, pun ia mulai sulap menjadi sebuah masjid.
Putra bungsunya, Muhammad Akbar Wisudawan ia percayakan untuk mendesain masjid tersebut, dan tak perlu waktu lama, kurang dari setahun, hingga akhirnya masjid dapat berdiri kokoh.
Harun melanjutkan, konsep masjid Alfatih ini adalah alam semesta dan ruang angkasa. Maka tak heran di bahian interior masjid dapat ditemukan hal-hal yang berhubungan dwngan alam semesta.
Sumber;tribunmakasar.com

Related

Ekonomi 4771322732703595153

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item