Kodam I/BB Robohkan 40 Rumah Ilegal

Alat Berat Robohkan Rumah Ilegal
RIAUPUBLIK.COM, MEDAN(SUMUT)-- Puluhan perosnel TNI Kodam 1 Bukit Barisan (BB) kembali menertibkan bangunan liar yang berdiri di eks Asrama Yon Infantri 124 Jalan Cemara/Jalan Asrama, Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Minggu (20/3) sekira pukul 09.00 WIB. Sedikitnya 40 rumah ilegal itu pun rata dengan tanah.

Warga sempat menghadang petugas dengan membawa anak-anak usia sekolah. Mereka mamasang spanduk bertulisan menentang penggusuran. Mereka terus berteriak-teriak mengecam penggusuran. Beruntung, petugas berhasil mengamankan situasi hingga akhirnya penertiban berjalan dengan lancar.

Asisten Logistik (Aslog) Kodam I Bukit Barisan Kolonel Arm Anggoro Setiawan menjelaskan, sedikitnya ada 40 rumah yang dibongkar di eks Asrama Yon Infantri 124 itu. Penertiban ini dilakukan lantaran puluhan rumah itu ilegal dan tidak memiliki izin dari Kodam I/BB.

"Ini adalah tanah milik Kodam I/BB. Sudah puluhan rumah ilegal berdiri di sini. Jadi, pembongkaran ini merupakan bentuk penertiban," kata Anggoro di sela-sela penertiban, Minggu (20/3) pagi.

Dirinya juga menjelaskan, sebelum dilakukan penertiban, pihak Kodam I/BB jauh sebelumnya sudah memberikan surat peringatan kepada warga. Pun begitu, warga tetap saja tidak mengindahkan surat peringatan tersebut dan tetap tinggal di rumah yang mereka bangun.


Selain itu, menurut Anggoro, ada juga warga yang telah meyewakan rumah tersebut kepada orang lain."Siapapun yang menyalahi atau menggunakan tanah milik TNI Kodam 1/BB tetap akan kita tindak. Banyak juga kita dapati rumah milik TNI telah disewakan kepada orang lain,” kata Anggoro.

“Pada saat akan dilakukan penggusuran, warga sempat protes. Tapi protes warga itu karena ada oknum yang memprovokatori dari salah satu ormas, R Purba. Kita akan tangkap dia kemana pun dia pergi," ujarnya.

Menurutnya,di  tanah milik TNI AD itu rencananya akan dibangun tempat penyimpanan kendaraan dan alat-alat milik Kodan I/BB. "Kodam kekurangan tempat untuk menyimpan kendaraan dan alat-alat TNI yang lainnya. Jadi, rencananya tanah ini akan kita bangun untuk keperluan Kodam I/BB. Untuk yang lainnya, juga akan kita lakukan penertiban, tinggal nunggu waktunya saja," tambahnya sembari mengatakan bahwa penertiban bukan kali pertama dilakukan  Kodam I/BB.

Pantauan wartawan di lokasi, terlihat sebuah beko milik Kodam I/BB merubuhkan bangunan-bangunan ilegal yang berdiri di eks Asrama Yon Infantri 124 hingga rata dengan tanah.

Sementara, pemilik rumah juga terlihat sibuk mengamankan harta benda mereka dan bahan bangunan yang masih bisa dipakai seperti seng, kayu (balok), pintu dan jendela. Puluhan hingga ratusan warga juga memadati lokasi guna melihat penggusuran tersebut.

"Saya sudah lima tahun tinggal di sini bang, kalau sudah begini, terpaksalah kami angkat kaki. Rencananya untuk sementara kami tinggal di rumah saudara sambil mencari rumah kontrakan yang baru," kata Inah (45) warga sekitar.

Reportase/ Darsin Barus

Related

TNI/Polri 4749732491961782711

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item