Hindari Penyakit dan Kenyamanan Lingkungan, Drainase Mesti Di urus Secara Baik

Tergenang Air Tempat Wistata Bermain Anak- Anak Bankinang Kab Kampar (Riau)
RIAUPUBLIK.COM, BANGKINANG-- Drainase atau penyaluran air merupakan hal terpenting dalam mengatur kondisi air agar tidak memberikan dampak negatif, terutama ancaman penyakit DBD bagi masyarakat. Pengurus Drainase mesti tenaga terampil dan profesional.

Pemerhati Lingkungan Kota Kabupaten Kampar, Nandra S kepada media, 28/01 di Bangkinang mengatakan,"bahwa kondisi kota Bangkinang yang selalu digenangi air setiap Penghusin hujan, merupakan akibat fungsi drainase tidak baik. Karena drainase merupakan alat pengendali air."Kata Pemerhati Lingkungan.

Lebih lanjut di Sambung nya kembali,"bahwa bila dilihat dari arti kata "drainase "dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pengaturan, penyaluran air, dan saluran air. Namun secara luas, drainase merupakan suatu sistem pengeringan dan pengaliran air dari wilayah pemukiman, kawasan industri dan perdagangan, sekolah, rumah sakit, lapangan olah raga, lapangan parkir, instalasi listrik dan telekomunikasi serta tempat-tempat lainnya yang merupakan bagian sarana yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan, sehingga menimbulkan dampak negatif dan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan kehidupan manusia,"ungkap Nandra.

Nandra menambahkan,"jika drainase tidak diurus secara baik, maka air akan selalu tergenang. Jika air tergenang, selain merusak keindahan lingkungan dan kenyamanan masyarakat, genangan air akan menjadi sumber penyakit, terutama ancaman DBD yang saat ini menjadi penyakit yang sangat menakutkan."ungkap Nandra.

Melalui media Nandra menjelaskan, dinas atau intansi yang mengurus persoalan drainase mesti tenaga terampil dan profesional. Selain memiliki ilmu, mereka mesti memiliki kepribadian dan niat untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, ungkap Nandra.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Kampar, Chalisman mengatakan,"bahwa persoalan drainase di kota Bangkinang tersebut sebaiknya ditanyakan kepada bagian perencanaan."dI lemparnya.

Di tempat terpisa, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Kampar, Indra Pomi yang juga mantan PU Cipta Karya kepada wartawan menjelaskan," bahwa tergenangnya air di sekitar Kota Bangkinang mungkin disebabkan oleh dua hal, pertama akibat tingginya debit air dari curahan hujan, dan kedua akibat kondisi drainase kurang baik. Bisa jadi akibat banyaknya sampah dalam drainase tersebut."Ungkapnya Alam dan sampah di salahkan.

(AMC/Nandra)

Related

kampar 273909184598636259

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item