Danrem 031/Wirabima:Pelatihan Kader Bela Negara Di Bumi Lancang Kuning Resmi Dimulai Hari Ini



RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU-- Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi M.Si (Han) yang  didampingi Ka Kesbang Polinmas Provinsi Riau Ardi Basuki 09/11/15. Memberikan materi Bela Negara kepada 100 anggota peserta diklat yang berasal dari Polri, pemuda, mahasiswa, pramuka, menwa dan Ormas Provinsi Riau yang tersebar di 12 kabupaten kota, mereka hari ini mulai mengikuti Diklat Pembina Kader Bela Negara kerjasama Kementrian Pertahanan RI dan Provinsi Riau. Diklat yang dimulai tanggal 9 sampai 21 November 2015 ini dipusatkan di Aula Ki Hajar Dewantara, gedung LPMP jalan Gajah Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Dalam penyampaian materi disampaikan juga Strategi Potensi Pertahanan Keamanan Pertahanan Republik Indonesia. Danrem 031/Wirabima mengatakan, pembinaan kader bela negara ini bertujuan memperkuat kekuatan pertahanan negara di tengah masyarakat agar kalau sewaktu waktu terjadi perang, masyarakat beserta TNI sudah siap menghadapi  perang tersebut.

"Sistem pertahanan semesta diwajibkan bagi seluruh warga negara, seluruh wilayah, segenap masyarakat sebagai komponen cadangan disiapkan secara dini, total, terpadu, terarah dan berlanjut disiapkan dalam mempertahankan negara apabila terjadi kondisi perang," katanya.

Dijelaskannya ketahanan nasional adalah kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi berisi keuletan dan keteguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan ancaman, hambatan dan ganguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam, untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuannya. 

Pertahanan negara sama dengan bela negara. Bela negara merupakan sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasakan pancasila dan UUD 45 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. (RPc/Rol)

Related

TNI/Polri 9153561868729649425

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item