Cara Reset Head Unit Mobil Agar Kembali Normal


RIAUPUBLIK.COM-- Head Unit mobil merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam mobil. Sebab,  , Dengan adanya Head Unit, para pengguna bisa mendapatkan hiburan selama perjalanan. Sayangnya, seperti pada barang elektronik lainnya, Head Unit mobil bisa mengalami error.

Untuk bisa mengembalikan Head Unit secara normal, maka perlu dilakukan reset. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk reset head unit mobil. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1 Lepaskan Seluruh Kabel yang Tersambung pada Head Unit

Cara pertama untuk melakukan reset head unit adalah dengan mencabut seluruh kabel head unit tersebut. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan berbagai alat yang dibutuhkan, seperti obeng minus dan plus, serta senter.

Setelah bahan sudah siap, buka panel head unit secara perlahan, kemudian lepas semua kabel soket yang terhubung dengan panel. Lepaskan baut yang terpasang pada head unit, dan angkat head unit mobil. 

Lalu lepaskan kabel soket yang terhubung pada bagian dalam head unit. Tunggulah beberapa saat, kemudian pasang kembali seluruh kabel soket pada tempatnya masing-masing. Pasang kembali head unit dan panelnya seperti semula.

2 Lepas Seluruh Switch Pada Head Unit Selain melepas kabel head unit, pemilik mobil juga perlu melepas switch head unit dari dudukannya. Siapkan terlebih dahulu alat yang dibutuhkan, yaitu obeng minus, obeng plus dan senter. Langkah selanjutnya, lepaskan head unit dari dudukannya.

Setelah melepas head unit, angkat head unit dan lepaskan switch yang terpasang pada bagian belakang head unit. Tunggu beberapa saat dan pasang kembali switch pada tempatnya. Lalu nyalakan kembali head unit untuk dapat melihat hasilnya.

Reset Head Unit Menggunakan Pin
Cara terakhir yang satu ini cukup mudah dan tidak perlu melepaskan head unit. JIka head unit pada mobil bisa di-reset menggunakan pin, maka pemilik mobil dapat melakukan cara ini.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan pin yang biasa digunakan untuk mengeluarkan kartu nomor pada telepon genggam. Lalu, nyalakan tape mobil untuk melakukan proses reset. Kemudian, periksa apakah ada lubang kecil di atas lubang jack output. Masukanlah pin ke dalam lubang kecil tersebut jika ada. Kemudian tekan dan tahan hingga layar head unit melakukan reset.

Tips Merawat Head Unit Mobil

Jika Reset Head Unit Mobil sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah perlu merawat Head Unit Mobil tersebut. Beberapa langkah untuk merawat Head Unit mobil adalah sebagai berikut.

Selalu Rajin Membersihkan Komponen Tape

Pada dasarnya, komponen tape sangat riskan tertutup oleh debu. Maka dari itu, butuh dibersihkan secara berkala. Caranya adalah dengan menggunakan kain lembut dan bersihkan seluruh bagian sistem audio. Nulai dari speaker, kabel, power unit, hingga sambungan antara kabel.

Rutin Cek Bagian Sekring Audio

Head unit juga berkaitan dengan sistem kelistrikan yang terdapat dalam mobil. Sebab, komponen ini dapat bekerja apabila adanya aliran listrik dari sekring. Jika ditemukan adanya kabel yang bermasalah, maka akan menyebabkan audio tidak menyala. Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala pada bagian sekring audio untuk mencegah adanya kabel yang putus.

Gunakan Flashdisk Berkapasitas Besar

Sangat disarankan untuk menggunakan flashdisk berkapasitas besar agar pengiriman file jadi lebih lancar. Agar head unit mobil tidak mudah rusak, hindarilah menyimpan file berukuran besar. Dengan begitu, komponen Head Unit Mobil lebih awet. 

Demikian cara reset head unit mobil agar kembali normal. Semoga informasi ini memberikan manfaat.








Related

Ekonomi 2568019519718219768

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item