Khabar Gembira..!! BUMN PT PPI Akan Beli Nenas Semangka Petani BUMP Riau untuk Ekspor

Minggu, 6 September 2020


PEKANBARU, RIAUPUBLIK. COM --Direktur Operasional BUMN PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) Anton Mart Irianto menegaskan bahwa BUMN PT PPI akan membeli sejumlah hasil panen petani yang tergabung dalam Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (Seknas BUMP) Korwil BUMP Riau Desa Muara Dua Kecamatan Siakkecil, Bengkalis Riau, seperti buah semangka dan nenas.

"Bisa saja semangka diekspor ke Singapura dan Johor Malaysia, dan nenas ke Eropah asalkan sesuai permintaan negara tujuan," kata Direktur Operasional BUMN PT PPI Anton Mart Irianto dalam pertemuan dengan petani di Kantor Korwil BUMP Riau Jalan Pemuda Komplek Pemuda City Walk Nomor B 02 Pekanbaru, Riau, Minggu (6/9/2020).

Dalam pertemuan ini hadir juga Ketua Seknas BUMP Indonesia Dr Ir Edi Waluyo MM didampingi Edi Purjanto, Korwil BUMP Riau Alexander Pranoto didampingi Antoni, Kades Muaradua Kecamatan Siakkecil Bengkalis Eko Riyono didampingi Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan Desa Muaradua, Idris, Kades Bandarjaya Suyanto dan sejumlah petani.

Anton Mart Irianto menegaskan BUMN PT PPI, adalah perusahaan negara di bidang perdagangan tak hanya membeli hasil panen petani, tapi PT PPI juga menjual berbagai pupuk.

Dalam pertemuan ini, Kades Muaradua Eko Riyono melaporkan kepada Dirop BUMN PT PPI Anton Mart Irianto bahwa 80 persen lahan di Desa Muaradua adalah gambut sangat cocok untuk pengembangan tanaman semangka dan nenas. Eko sempat lupa melaporkan tanaman talas juga potensial dikembangkan di Desa Muaradua. Tanaman talas tumbuh subur dan umbinya cukup besar jika ditanam di gambut ini.

"Sejak Februari 2020 kami sudah tanam nenas seluas 6 hektare. Delapan bulan sudah bisa panen. Dalam satu hektare bisa panen 25.000 buah. Bibit dibeli di Siak, dan kalau panen nanti, penjual bibit ini mau beli hasil panen nenas kami," kata Kades Muaradua Eko Riyono.

Sementara Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan Desa Muaradua Kecamatan Siakkecil Bengkalis Riau, Idris dalam bincang-bincangnya dengan Dirop BUMN PT PPI Anton Mart Irianto menjelaskan ada dua macam nenas yang mereka kembangkan di desanya. Yakni nenas madu dan nenas biasa. Kedua jenis nenas inilah kata Idris dilirik untuk ekspor ke Eropah kalau memang sesuai permintaan negara tujuan ekspor tersebut. 

Sementara petani dari Rengat Inhu Riau juga menawarkan sampel produk jahe merah dan gula aren.(***)

Related

Pekanbaru 5665938784740777451

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item