CHINA Penyuplai Narkoba Terbesar Ke Indonesia

 Rabu, 19 Agustus 2020

Sungailiat,Bangka (RIAUPUBLIK) - Direktur Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Komisaris Besar Polisi Mirzal Alwi, mengungkap negara-negara yang paling banyak memasok narkoba ke Indonesia. China salah satu negara terbesar mensuplai narkoba jenis shabu-shabu ke Indonesia.

Hal itu di sampaikan di Sungailiat, Selasa, pada acara bimbingan teknis di lingkungan pemerintah dalam rangka pengembangan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat pada 2020.

"Selain China, negara pemasok nakorba terbesar lainnya berasal dari Taiwan dan masih terdapat belasan negara lainnya yang melakukan tindak pelanggaran hukum," jelasnya.

Seperti Singapura kata dia, turut menjadi penyuplai barang haram tersebut meskipun dari negara tersebut bukan sebagai produsen.

"Besarnya permintaan narkoba di Indonesia termasuk jaringan pengederaannya, mengakibatkan tindak pelanggaran hukum ini sulit ditaklukkan," jelasnya.

Ia menilai, adanya unsur sengaja meregenerisasi pangsa pasar yang dilakukan oleh jaringan, sehingga terkesan jaringan pelaku ingin selalu eksis bisnis haramnya.

"Para jaringan narkoba memanfaatkan 10 persen dari hasil kekuatan penjualan narkoba itu untuk membiayai regenerasi pangsa pasar, hal itu yang menjadikan para pengguna narkoba di Indonesia tidak terputus.," katanya.

Sebagai langkah pencegahan, dia menjelaskan institusinya telah memprioritaskan pada tahun 2020 untuk melakukan pencegahan. Pencegahan akan digalakan mulai dari lingkup terkecil masyarakat, yakni dalam lingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan.

"Salah satu upaya pencegahan adalah pelaksanaan kegiatan seperti ini. Sosialisasi, bimbingan teknis, dan kegiatan lainnya yang bersifat memberikan edukasi kepada masyarakat luas terkait bahaya narkoba," katanya.




Antaranews// Riaupublik

Related

Hukrim 3874179428808041979

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item