Dandim 0104/Atim Hadiri Konferensi II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa

Rabu, 29 Januari 2020
ACEHTIMUR, RIAUPUBLIK.COM- Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) hadiri kegiatan Konferensi II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa, yang bertempat di Aula Sekda Kota Langsa, Jln. Cut Nyak Dien, Gampong. Jawa, Kecamatan Langsa Kota,  Kota Langsa, Rabu (29-01-2020).

Sesuai dengan tema yang diangkat "Membangun Profesionalisme Wartawan Mewujudkan Masyarakat Informatif di Era Dekripsi" maka para Jurnalis seharusnya mengangkat informasi yang Faktual dan dapat dipertanggung jawabkan secara Hukum, “kata Ketua PWI Langsa Bahtiar Husin, MA saat memberikan sambutan.

Ia menegaskan, bagi media-media yang tidak mempunyai lisensi tidak mempunyai hak untuk menyebarkan informasi karena terindikasi Hoax walaupun berita yang disampaikan itu benar. Karena jika berbicara tentang hukum, penyidik tidak bisa melakukan investigasi terdahap media-media yang tidak mempunyai lisensi tersebut karena tidak berlandaskan hukum.

Oleh karena itu kita berharap, di era disrupsi ini dapat terwujudnya revolusi informasi, karena peran media terhadap perkembangan suatu negara sangat besar dan peran media terhadap Kamtibmas lebih besar.

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, SE, Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa, wartawan itu tidak ada musuh. Wartawan itu perlu bermitra untuk mendapatkan sumber informasi.

Wartawan mempunyai peran yang besar terhadap Kemerdekaan Indonesia. Wartawan juga sebagai alat kontrol pemerintahan yang bisa memberikan kritik terhadap setiap kebijaksanaan yang menyangkut kemaslahatan masyarakat banyak, “terangnya.

Lanjutnya, wartawan perlu mendapat pelatihan dan pendidikan jurnalis agar profesional dalam mengangkat berita yang faktual sesuai dengan apa yang didapat dari Narasumber, tentunya atas dukungan Pemerintahan Daerah/Kota sebagai mitra wartawan. Di tahun 2020 ini rencana akan diadakan penertiban media agar terverifikasi minimal secara administratif sebagai alat kendali penyebaran informasi yang berpotensi Hoaxs.

Sementara Walikota Langsa yang diwakili Setda Kota Langsa Syahrul Thaib, SH. MAP mengucapkan, selamat kepada seluruh pengurus PWI, semoga dalam konferensi II PWI ini dapat mewujudkan dan membangun profesionalisme wartawan.

Peran pers dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, jika salah informasi kepada masyarakat dapat menimbulkan kegaduhan. Untuk itu tugas dan kewajiban jurnalistik adalah mengaplikasikan diri dengan kesejahteraan umum dengan memberikan informasi yang benar, pers sebagai alat kontrol sosial yang dapat memberikan masukan berita kepada Pemerintah untuk kemajuan Kota Langsa, “terangnya.

PWI Kota Langsa harus melakukan pelatihan agar dapat memberikan wawasan dan pengalaman agar wartawan di Kota Langsa ini menjadi profesional dalam memberikan informasi kepada masyarakat, “harapnya.

Kegiatan Konferensi II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Langsa ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan keterbukaan informasi public dan kemitraan yang diberikan kepada Unsur Forkopimda Kota Langsa dan Mitra Setia.

Turut hadir Unsur Forkopimda Langsa, Danki Brimob Subden 2 B Pelopor Aramiah Iptu Yozana Fajri Sidik, AF. S.IK, Wakil Ketua I DPRK Langsa Saifullah, Wakil Ketua II DPRK Langsa Ir. Joni, Ketua Divisi data dan informasi KIP Aceh Agusni, Ketua KNPI Kota Langsa Mukhtar, A.Md, Jajaran PWI Kota Langsa, dan Tamu undangan lainya. (MW)

Related

Riau 7222513944415650996

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item