Kadis Sosial PPPA Natuna Dampingi Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Tim Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pada Rabu (01/05/2019) siang. Kunjungan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, hingga tanggal 03 Mei 2019.

Dalam lawatannya tersebut, Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 akan melakukan Evaluasi Penilaian terkait KLA di Kabupaten Natuna, terhadap beberapa lembaga yang membidangi masalah pengawasan dan perlindungan anak, serta melakukan peninjauan terhadap beberapa fasilitas umum yang disediakan bagi anak.

Koordinator Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019, Taufieq Uwaidha, menjelaskan, bahwa tujuan mereka datang ke salah satu daerah di perbatasan ini, untuk mengecek secara langsung kondisi ruang terbuka bagi anak, penanganan kasus kekerasan terhadap anak serta perlindungan terhadap anak yang ada di daerah tersebut.

"Ini adalah tahap evaluasi lapangan, untuk mengecek secara langsung kondisi KLA yang ada di Natuna. Apakah sesuai atau tidak dengan yang dilaporkan oleh pihak Pemda Natuna ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," ujar Taufieq Uwaidha, saat ditemui di Kantor Sekretariat P2TP2A Natuna.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan pembinaan kepada Daerah terkait penerapan KLA. Agar Daerah tersebut bisa melakukan pembenahan terhadap penanganan dan fasilitas umum yang dikhususkan untuk anak.

"Kami harap kami bisa memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah Natuna, agar mereka bisa melakukan evaluasi untuk menuju KLA," katanya.

Taufieq menjelaskan, bahwa terdapat 24 indikator untuk menetapkan sebuah daerah menjadi KLA. Dari indikator tersebut, akan menjadi bahan evaluasi bagi Tim Verifikasi Lapangan KLA, untuk memenuhi syarat ketentuan bagi daerah menyandang status KLA.

"Setiap indikator tersebut terdapat ratusan pertanyaan dan evaluasi. Jadi tidak mudah untuk menetapkan suatu daerah sebagai KLA. Memerlukan proses yang sangat panjang dan rumit. Memang itu ketentuannya, tidak bisa sembarangan," tegas Taufieq Uwaidha, yang juga merupakan pakar KLA.

Sebelumnya, Tim Verikasi Lapangan KLA 2019 juga telah melakukan pertemuan dengan beberapa Organisaai Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, untuk melakukan kordinasi.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan peninjauan secara langsung ke Wahana Permainan Anak di Ruang Terbuka, yang ada di area Pantai Kencana, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur.

Dilanjutkan dengan pertemuan dengan pengurus Pusat Partisipasti Publik terhadap Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PUSPA) Bahari Natuna dan Pusat Pelayanan Terpadu, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Serindit Natuna.

Lalu, rencananya pada Kamis (02/05/2019) besok, pihaknya juga akan melakukan peninjauan dan pertemuan dengan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Natuna, Forum Anak Nasional (FAN) Natuna serta meninjau berbagai fasilitas ruang terbuka bagi anak yang ada diwilayah Kabupaten Natuna.

Dalam kunjungan perdananya ke Kabupaten Natuna, Taufieq Uwaidha didampingi oleh Yosi Diani Tresna, dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, yang juga tergabung dalam Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019.

Selama melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 mendapatkan pendampingan langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna, Hj. Kartina Riauwita. (Win)

Related

Natuna 7455175028293885896

Posting Komentar

emo-but-icon

.

.

uc

uc

adv

adv

MAS

MAS

Ikl

Ikl

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item