Sebanyak Rp 7 Miliar Disperkim -Rohil Terima Dana MCK


Senin 25 Maret 2019 - 16:03:25 WIB
RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Rokan Hilir menggelar Pelatihan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dana Alokasi Khusus (DAK) Infrastruktur Bidang Sanitasi tahun anggaran 2019.

Acara dipusatkan di Hotel Mahera, Jalan utama Bagansiapiapi yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs H Surya Arfan MSi bersama Sekretaris Perkim Budi Mulya dan perwakilan Kementerian PUTR Qiemyar serta dihadiri Kasi Intelijen Kejari Rohil, Farkhan Junaedi, SH.

“Saya berharap agar sanitasi maupun MCK program pusat bisa dikembangkan oleh masyarakat, misalnya dibangun 100 masyarakat harus bisa membanguan 1000," kata Sekda.

Hal ini mengingat keterbatasan anggaran sehingga tidak mungkin pemerintah membantu semua masyarakat. “Harus menjadi contoh untuk masyarakat lainnya, kalau dulu MCK di depan rumah sekarang jangan sampai ada lagi karena selain merusak pemandangan juga orang akan menilai tidak bersihnya lingkungan sekitar,” ujar Sekda. 

Sekda juga berharap jika tahun ini anggaran pusat dikucurkan di Rohil mencapai Rp 7 miliar agar tahun berikutnya bisa ditambah. “Banyak pos anggaran di pusat sana tadi saya bincang bersama perwakilan PUTR yang datang karena Rohil masuk daerah administrasi terpencil jadi kita harus aktif jemput bola,” katanya. 

Sementara itu Sekretaris Dinas Perkim Budi Mulya membenarkan adanya penurunan angka dana pusat yang dikucurkan ke Rohil tahun 2018 dan 2019 sehingga adanya pengurangan tenaga TFL yang bertugas. “Kalau tahun 2019 TFL kita mencapai 18 orang turun 25 persen menjadi 12 orang untuk tahun ini,” kata Budi.

Adapun TFL saat ini 12 orang terdiri dari 6 orang tenaga teknis dan 2 orang tenaga pemberdayaan. Sementara untuk tahun 2019 DAK Sanitasi terdapat 7 Kepenghuluan di antaranya 5 Kecamatan Bangko dan 2 di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Sementara untuk MCK sebanyak 7 unit untuk Pondok Pesantren di 5 kecamatan di antaranya Rimba Melintang, Kubu, Tanah Putih, Tanjung Medan dan 2 Unit di Kecamatan Bagan Sinembah. Pelatihan akan berlangsung selama dua hari dan akan diberikan materi terkait tugas TFL dan KSM yang ada di Kabupaten Rokan Hilir. 



Penulis : Jum.

Related

Rohil 2261528456169514113

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item