TMMD Rembang Juga Perkenalkan UMKM Kepada Warga Desa Pasedan

Rembang - Ini tujuan digelarnya pelatihan industri kecil oleh Satgas TMMD Kodim Rembang bagi warga di Desa  Pasedan (desa sasaran TMMD). Sebagaimana diketahui, bahwa untuk menggelar pelatihan itu, Kodim Rembang menggandeng Disperindagkop  UMKM Rembang, Pelatihan berlangsung di Balai Desa Pasedan.

Bapak Kuswandi SH. salah satu narasumber mengemukakan,  industri kecil,  merupakan usaha ekonomi yang tersebar luas diseluruh daerah dimana  sebagian besar dilakukan oleh golongan ekonomi lemah.Oleh karenanya, industri kecil penting peranannya dalam pemerataan, perluasan penyerapan tenaga kerja, perluasan kesempatan berusaha, sampai mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, narasumber lain,  Bapak Sriyono  menjelaskan,  kedudukan manusia dalam suatu dunia usaha sangat menentukan karena posisinya selain sebagai obyek juga subyek dalam proses pencapaian hasil usaha. Oleh karena itu hidup matinya suatu dunia usaha, faktor manusia sangat menentukan. Pentingnya faktor manusia dalam dunia usaha, maka perlu mendapat perhatian yang lebih besar agar mampu meningkatkan daya saing dalam dunia usaha.

Pelatihan dimaksud  sejalan dengan maksud dan tujuan  Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Cilacap dalam rangka menumbuhkan wira usaha baru di Desa Pasedan. “Mencermati fenomena tersebut maka perlu pembinaan secara simultan sesuai bidang usaha yang dikembangkan, baik pada usaha industri kecil maupun menengah,”  ungkap Kuswandi.

Dengan pelatihan itu diharapkan,  para pelaku Insdutri Kecil Menengah (IKM),   memiliki pengetahuan, keterampilan ,  serta kecakapan manajemen pemasaran.

Contoh sederhana yang biasanya menjadi problem bagi industri-industri kecil untuk memesarkan dagangannya,  belum memiliki kemasan yang menarik, label dan merek. Permasalahan berikutnya adalah,  harga penjualan produk belum mendatangkan laba yang wajar, saluran distribusi (perantara) belum mampu menyalurkan (mendistribusikan) dalam skala besar. (0720)

Related

TNI/Polri 1613082160035015710

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item