Baitul MAL Aceh Timur Lakukan Pembinaan Kepada Muallaf.

Kamis, 24 Mei 2018
IDI-AcehTimur, Riaupublik.Com--Muallaf adalah sebutan bagi orang non-muslim yang mempunyai harapan masuk agama Islam atau orang yang baru masuk Islam. Pada Surah At-Taubah Ayat 60 disebutkan bahwa para mualaf termasuk orang-orang yang berhak menerima zakat.

Mualaf biasanya datang dengan berbagai alasan, yaitu: Pernikahan: Mualaf dari pernikahan ada sekitar 68%. Belajar dan menemukan secara keilmuan: Mualaf ini biasanya dasarnya adalah pelajar, atau mereka cendikia yang memang dari akademisi, mereka menemukan hidayah setelah mereka belajar dan mempelajari Islam, ada sekitar 20% mualaf yang dari kategori ini. Hidayah langsung: Mualaf disebabkan karena mimpi, bangun dan tersadar dari koma, nazar atau niat berpindah agama jika niatnya terkabulkan, dan beberapa hal lain, ada sekitar 12% mualaf dengan alasan ini.

Guna untuk meningkatkan pengetahuan dan pembekalan terhadap agama islam, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Baitul Mal melakukan Pembinaan dan Pembekalan kepada 80 orang mualaf se Aceh Timur. mereka diberikan pengetahuan dan ilmu agama yang bertujuan agar mereka lebih mengerti dan memahami tentang Islam, bagaimana Islam itu termasuk hukum dalam Islam. Mereka di libatkan dalam berbagai kegiatan baik itu pembinaan pengajian dan bimbingan ibadah. Semua dasar-dasar Islam itu diajarkan, cara shalat, berwudhu, mengaji dan tauhid sehingga menjadi muslim yang sesungguhnya .

Hal tersebut dikatakan oleh Asisten II Bidang Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, H. Usman A. Rachman, SH, SP, MM ketika membuka langsung Acara Kegiatan Pembinaan dan Pembekalan Muallaf dalam Kabupaten Aceh Timur yang berlangsung di Aula kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur pada Kamis, 24 mei 2018 dimana pembekalan ini dilaksanakan sebanyak dua gelombang yakni untuk masing-masing gelombang diikuti sebanyak 40 peserta yang dimulai sejak Tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan, jumlah muallaf pemeluk agama lain yang berpindah keyakinan dan masuk dalam agama Islam setiap tahunnya di Kabupaten Aceh Timur terus meningkat, terutama saat bulan suci ramadhan. Oleh karenanya pembinaan dan pembekalan seperti ini akan kita laksanakan setiap tahunnya dan kita mulai pada tahun ini yang bertujuan agar mereka tidak kembali lagi ke keyakinan mereka sebelumnya “jadi kita akan terus berupaya untuk memperhatikan mereka para Muallaf ini termasuk mengenai penerimnaan ZIS bagi mereka karena mereka termasuk adalah orang-orang yang berhak menerima ZIS” ujar Aasisten II Aceh Timur.

Selain itu juga untuk memberikan pemahaman tentang Islam terhadap Muallaf agar hidup mereka lebih terarah. Kedepannya ia berharap, agar selama bulan suci ramadhan, para muallaf ini terus dilibatkan dalam kegiatan keagamaan, seperti pada malam nuzulul quran, mendengarkan ceramah agama yang disampaikan beberapa ustadz sebagai bentuk pengenalan mereka terhadap Islam “pungkasnya.                                                                         

Sementara itu, ketua muallaf aceh timur, Abdullah Silalahi mengatakan, bahwa sebelumnya dirinya memeluk agama kristen Protestan dan dengan kesadaran sendiri tanpa adanya paksaan dari siapapun dan penuh dengan keyakinan ia memeluk agama islam, sejak ia memeluk  agama islam, kehidupan dirinya lebih terarah, tenang bila dibandingkan dengan kehidupan sebelumnya “saya merasa sangat sehat sekarang, baik jasmani maupun rohani bila dibandingkan dengan kehidupan sebelum saya memeluk Islam sangat jauhlah perbedaannya” ujarnya. (Muzakir)


Related

Ekonomi 5101129294468686532

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item