Bupati Rocky Besuk, M. Yusuf: Jika Secara Medis Perlu Rujuk, Segera Dirujuk Kembali Ke Banda Aceh

Jumat, 12 Januari 2018
Fhoto: BESUK M. YUSUF: Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib (kiri) berbincang-bincang dengan pihak keluarga ketika menjenguk M. Yusuf di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, Jumat 12 Januari 2018. Aceh Timur
PEUREULAK, RIAUPUBLIK.Com – Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib atau akrap disapa Rocky, membesuk M. Yusuf, pasien meningitis di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, Jumat 12 Januari 2018 sekira pukul 09:00.

M. Yusuf tercatat anak yatim asal Desa Buket Drien, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur. Pasien selama ini hanya mampu berbaring lemas menahan kesakitan di rumahnya, namun pemerintah mengambil sikap membawa untuk dirawat inap di RS setempat.

“Jika peralatan disini terbatas, maka tindaklanjutnya dirujuk ke Banda Aceh. Harapan kita M. Yusuf, sembuh, sehat dan bisa bermain seperti anak-anak lainnya,” ujar Bupati Rocky usai menyerahkan bantuan kepada M. Yusuf melalui ibunya, Zubaidah.

Selama ini dengan jaminan Kartu BPJS, Zubaidah membawa M Yusuf berobat ke Puskesmas Sungai Raya dan Rumah Sakit (RS) setempat. Sejak suaminya meninggal dunia, Zubaidah harus berjuang merawat M. Yusuf dan mendidik serta membesarkan dua kakak M. Yusuf. “Saya hanya berharap M. Yusuf, segera sembuh,” ujar Zubaidah dihadapan Bupati Rocky.



Dalam mengunjungi M. Yusuf, Bupati Rocky ikut didampingi Drs. Mohd Mukhtar, M.AP (Staf Ahli Bupati), H. Kamarullah, M.Kes (Kadinkes), Kadinsosnaker (M. Yasin), dr. H. Edy Gunawan, MARS (Direktur RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak), Kabag Humas dan Protokol (Nauli,S.STP, M.AP), Kabag kesra (Mujiburrahman, SE, M.AP) dan beberapa pejabat lainnya.

Terkait kondisi kesehatan M. Yusuf, Kadis Kesehatan Aceh Timur, H. Kamarullah, M.Kes, melalui Kabid PMK, dr. H. Zulfikry, M.Kes, menjelaskan,M. Yusuf merupakan pasien meningitis saat usia tiga bulan. Pihaknya sudah pernah merujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, guna dioperasi dan dipasang selang.

Secara medis, meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang yang dikenal sebagai maninges. Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi cairan yang mengelilingi otak dan sumsm tulang belakang. Riwayatnya, M. Yusuf diusia 2 bulan sempat terjatuh.

Selama ini M Yusuf dalam pendampingan bidan desa (bides), bahkan orang tuanya sesuai saran dokter kerap membawa M. Yusuf ke Puskesmas untuk mengontrol kesehatannya. “Bukan masalah gizi semata, tapi ada masalah penyakit kronis lainnya, sehingga bermasalah ke asupan gizi,” ujar dr. Zulfikry. (md65)




Related

Ekonomi 3694258179578951836

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item