Kembali Dibidik "Gandang Tasa" Penerima Anugra "Akal Budi" Lukman Edi

Jumat, 03 November 2017
Fhoto: Ramli Sanur Pembina Kesenian Asal Pariman (Sumbar) Gandang Tasa, Menerima Anugra Akal Budi "LE" Calon Gubri 2018
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Meski bukan pemain musik, namun kecintaan seorang Ramli Sanur pada kesenian tradisional tak diragukan lagi. Sejak tahun 1994, ia sudah membina kesenian tradisional dari Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Gandang TasaGandang Tasa adalah semacam alat musik perkusi yang dipukul, biasanya terdiri dari enam buah Tambur (gendang) dan satu buah Tasa.
Berkat komitmennya yang tinggi pada pelestarian kesenian tradisional, Ramli Sanur ‘dibidik’ menjadi salah satu penerima Anugerah Akal Budi Lukman Edy (LE). Sosoknya dinilai sangat pantas mendapatkan penghargaan dari Bakal Calon (Balon) Gubernur Riau (Gubri) bertagline “Riau Bangkit” ini, karena sudah membina kesenian Gandang Tasa di Kota Pekanbaru, Riau, sejak puluhan tahun silam hingga sekarang.

Saat ditemui Koranriaunet beberapa waktu lalu, Ramli Sanur menceritakan awal mula berdirinya Sanggar Bengkel Seni Budaya yang dibinanya. Menurut Ramli, semua itu terjadi dengan tidak sengaja. Ketika itu dirinya dan beberapa orang rekan bercerita tentang kondisi seni tradisi yang mulai tergerus jaman. Tiba-tiba terlintas di pikiran mereka untuk menjalankan sanggar seni yang memainkan Gandang Tasa.(***)

Related

Pekanbaru 6280775662971220020

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item