Dibidik, Penerima Anugrah Akal Budi Lukman Edi (LE) "Wak Damai"(74 Tahun) Lestarikan Silat Tradisional Pangean

Selasa. 03 Oktober 2017

PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Wak Damai (74 Tahun), bukan nama asing di Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Lelaki sepuh yang memiliki dua istri Amai Cinto dan Sinen (almarhumah) ini tidak saja dikenal sebagai dukun, namun sampai detik ini ia juga masih setia menjaga dan melestarikan silat tradisional Pangean.
Untuk itulah, lelaki yang kini terbaring sakit di kediamannya di Okura, ditetapkan sebagai calon penerima “Anugerah Akal Budi Lukman Edy (LE)”. Anugerah ini diberikan oleh Calon Kuat Gubernur Riau (Gubri) 2018 berdasarkan hasil survei Indo Barometer tersebut, bersempena dengan Hari Pahlawan 10 November 2017 mendatang.
Menurut Wak Damai, ketertarikannya dengan silat Pangean yang selama ini berasal dan dikenal di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bermula perkenalannya dengan seorang guru silat Pangean Abdul Talip 40 tahun silam. Sejak itulah Wak Damai mendalami dunia silat yang selama ini cukup dikenal di Riau ini.
Keseriusan Wak Damai dalam dunia silat, tidak hanya sampai di situ. Di samping mempelajari kekuatan fisik, dia juga mempelajari ilmu batin. Sehingga dia tidak saja menjadi guru silat tetapi juga mampu mengobati masyarakat yang butuh pertolongan.
Ketua Tim Relawan AKU LE Provinsi Riau, Eddy Akhmad RM, yang berkunjung ke rumah Wak Damai, di Okura, Selasa (3/10/2017) membenarkan Wak Damai yang selama ini dalam senyap memelihara dan melestarikan seni tradisi akan dicalonkan sebagai salah seorang penerima “Anugerah Pahlawan Akal Budi LE. Penganugerahan dari Bakal Calon (Balon) Gubri dengan jargon “Riau Bangkit” tersebut menurut rencana dilakukan pada November 2017 mendatang.

“Program ini merupakan bentuk perhatian Pak LE terhadap pembangunan seni dan kebudayaan,” kata Eddy RM. (***)

Related

Pekanbaru 7844846687907685047

Posting Komentar

.

.

uc

uc

b

b

adv

adv

MAS

MAS

Tni/polri

Tni/polri

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Pekanbaru

Newspelalawan

PANGLIMA TNI

PANGLIMA TNI

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

Polda

Polda

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item