Pj. Bupati Bengkalis Dampingi Wakil Gubernur Riau Tanam Padi

Jumat, 13 November 2020


SIAKKECIL, RIAUPUBLIK.COM - Penjabat Bupati (Pj) Bengkalis H. Syahrial Abdi hadir sekaligus mendampingi Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution pada acara gerakan tanam padi bersama di lokasi penangkaran benih padi Desa Sungai Siput Kecamatan Siak Kecil, kamis ( 12/11/2020 ).

H. Syahrial Abdi dalam sambutannya mengatakan produksi padi guna pemenuhan kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Bengkalis belum mencukupi, di tahun 2019 saja baru mampu memenuhi 26 % (14.039 ton) beras, sedangkan produksi gabah baru mencapai 37 % (22.036 ton) Kg

"Belum terpenuhinya kebutuhan beras tersebut karena keterbatasan ketersediaan benih padi varietas unggul yang sesuai dengan keinginan petani."

saat ini sambung Abdi lagi kami terus berupaya untuk membantu membangkitkan semangat dan keinginan petani agar bersedia menjadi penangkar, setidak-tidaknya dalam hal penyediaan benih untuk Kabupaten Bengkalis. Alhamduliliah di tahun 2020 ini kelompok tani karya abadi Desa Langkat telah berhasil mengeluarkan benih padi unggul yang lulus sertifikasi pada 2 kali musim tanam sebanyak 13 ton pada musim tanam II bulan oktober 2019 dan 50 ton pada musim tanam I bulan april 2020, varietas logawa.


Lebih lanjut Abdi berharap kegiatan perbenihan ataupun penangkaran di Kecamatan Siak Kecil ini lebih maju dan berkembang, tentunya harus ada dukungan semua pihak.

"Melalui program-program yang kami rencanakan dan kami laksanakan serta dukungan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, kami yakin Kabupaten Bengkalis akan mampu meningkatan produksi padi 7% / tahun dalam mendukung program Kementerian Pertanian dan Program Gubernur Riau yakni riau mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat riau di tahun 2024, sebesar 50% melalui program riau bertani", tutup Abdi.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, apalagi ada temuan dari bapak Selamat Riyadi petani Kecamatan Siak Kecil dari Desa Langkat Yakni Tanaman benih langsung (Tabela) Selamat Riyadi (SR) Varian 1. (Tabela SR V1).

"Temuan tersebut sangat bagus sekali, tentu ini sangat baik untuk kita terapkan di Provinsi Riau", ungkapnya.

Tampak hadir Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtilkutural Provinsi Riau Syahfalefi, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Camat Siak Kecil M Fadlul Wajdi, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, Kapolsek Siak Kecil Laurensisus dan Danramil Bukit Batu Tarman Sugianto serta petani dan undangan lainnya. (Adv/Rpc)


Related

Galery 3442312270094828505

Posting Komentar

emo-but-icon

PKB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item