Gubernur Jambi Resmikan Penanaman Perdana Peremajaan Sawit Rakyat

Teks foto: Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Bupati Batanghari Jambi Ir H Syahirsah SY dan jajaran, serta Pimpinan PT Buana Orbit Sejahtera (PT BOS) selaku rekanan replanting sawit dari Pekanbaru Riau Alexander Pranoto melaksanakan penanaman perdana peremajaan sawit program PSR di KUD Barokah Desa Karya Mukti Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Senin tadi (20/7/2020).

BATANGHARI, RIAUPUBLIK.COM--Penanaman perdana Replanting (peremajaan sawit) tahap I KUD Barokah, di Desa Karya Mukti Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi seluas 212 hektare dimulai Senin (20/7/2020).

Total potensi kebun sawit petani yang akan diremajakan dari beberapa KUD dan kelompok tani di sini di luar kebun inti PT Indosawit, ada sekitar 10.000 hektare. Ini merupakan kebun plasma transmigrasi umum dari Pulau Jawa dan lain-lain.

Penanaman perdana resmi dilakukan oleh Gubernur Jambi H Fachrori Umar, dihadiri dan didampingi Bupati Batanghari, Jambi, Ir H Syahirsah SY.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Bupati Batanghari Jambi Ir H Syahirsah SY dalam.sambutannya saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Barokah menyatakan sangat mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Menurut Gubernur Jambi H Fachrori Umar mengatakan KUD Barokah adalah koperasi terbaik yang mengelola kelompok taninya. Perkembangan koperasi meningkat di Jambi dengan banyaknya bergabung menjadi anggota. Namun belum diikuti dengan kemajuan mutunya. Ini menjadi tantangan Pemerintah memberi kemudahan pelayanan dengan pelayanan online tiga hari izin koperasi selesai.

Sementara Bupati Batanghari Ir H Syahirsah SY juga mendukung program peremajaan sawit. Bupati menyampaikan ke Gubernur Jambi rasa kecewanya kepada PT Indosawit. Di mana Bupati tak pernah mendapat laporan program Community Social Responsibility (CSR) dari PT Indosawit kepada masyarakat. Jalan rusak di lingkungan kebun juga tak diperbaiki oleh PT Indosawit padahal di lingkungan kebunnya. Justeru kontraktor lain yang masukkan alat berat perbaiki jalan rusak.

"Jangan hanya bantuan sunatan massal saja, tapi yang diharapkan adalah bantuan agar petani bisa mandiri perekonomiannya," kesal Bupati.

Sebelumnya dalam bincang-bincang-bincang di lokasi replanting sawit Bupati Batanghari ini memberi dukungan penuh kepada Pengurus KUD Barokah dan kontraktor replanting PT BOS.

"Apapun program untuk kesejahteraan petani/rakyat,  saya dukung, agar petani menjadi petani mandiri," kata Bupati Batanghari Ir H Syahirsah SY saat bincang-bincang dengan rekanan kontraktor replanting Pimpinan PT Buana Orbit Sejahtera (PT BOS) Alexander Pranoto, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Batanghari Jambi Irwan SP,  dan Ketua KUD Barokah Raffles di lokasi replanting sawit tersebut,  Senin (20/7/2020).

Pimpinan PT BOS Alexander Pranoto dalam bincang-bincang dengan Bupati Batanghari Jambi Ir H Syahirsah SY menyampaikan akan adanya lembaga petani yang akan didirikan di KUD Barokah namanya yaitu Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Petani nantinya mendirikan pabrik kelapa sawit (PKS) dan rencana juga pembukaan penangkaran bibit sawit unggul di Desa Karya Mukti ini.

Menanggapi hal ini Bupati Batanghari Ir H Syahirsah SY mendukung dan menegaskan akan memberikan kemudahan perizinan.

"Dirikanlah pabrik kelapa sawit (PKS) milik petani, kita upayakan kesediaan lahan peremajaan sawit seluas 6.000 hektare untuk kapasitas olah CPO 30 ton perjam. Kalau lahan masih kurang masih bisa kami cari lahan pengembangan atau tambahan perluasan," kata Bupati.

Sementara ditambahkan Alexander Pranoto soal rencana pembiayaan pendirian Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik kelembagaan (BUMP) petani ini, penjaminnya (avalis) bisa dari perusahaan PT BOS. PT BOS dan jajarannya sudah beroperasi di empat provinsi (Riau, Sumut, Sumbar, Jambi) melakukan peremajaan kelapa sawit rakyat program PSR ini. (***)

Related

Ekonomi 3537394498050047751

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item