MTQ ke - III Bhatin Solapan, Harapan DPRD Bengkalis : MTQ Jadikan Momentum Ibadah Diterapkan Di Kehidupan Sehari-Hari

Senin, 16 Maret 2020
BENGKALIS, RIAUPUBLIK.COM - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke - III tingkat Kecamatan Bhatin solapan Tahun 2020  di Desa simpang Padang Kecamatan Bathin solapan , di buka secara resmi oleh Plh Bupati Bengkalis H.Bustami HY  dan dampingi  oleh wakil ketua DPRD Bengkalis Kade Rismanto, Anggota DPRD Dapil Mandau , Pinggir, Bhatin solapan serta Ketua LPTQ Provinsi Riau Ahmad Saroffie, Minggu malam (15/03/2020).

Sebelum Pembukaan acara  MTQ pada Minggu malam (15/03/2020) digelar Pawai Ta’aruf MTQ yang berlangsung meriah seluruh masyarakat mengikuti dan menyaksikan pelaksanaan Pawai ta'aruf tersebut , yang mana secara resmi dilepas langsung oleh Camat Bathin solapan Wahyuddin S.sos, MM diikuti oleh Ribuan peserta dari 13 Desa se Kecamatan Bathin solapan yang  dipusatkan di jalan jendral Sudirman dan finis di jalan Simpang Padang.
Meriahnya Pawai ta'aruf yang juga diikuti oleh peserta  kafilah dari 13 desa, dipimpin langsung oleh kepala desa masing – masing beserta ketua PKK Desa, Lembaga Desa, Perangkat Desa, yakni  Desa Simpang Padang, Desa Balai Makam, Desa Pematang Obo, Desa Tambusai, Desa Batang Dui, Desa Petani, Desa Buluh Manis, Desa Bathin Sobanga, Desa Boncah Mahang, Desa Air Kulim, Desa Pamesi, Desa Kesumbo Ampai dan Bumbung Sabangar.

Selain diikuti kafilah dari 13 Desa, pawai taaruf semakin semarak dengan diikuti jajaran Lembaga Adat Melayu Riau Desa, Group Marawis, BKMT, Anggota Wirid, Santri Darunnajah, pelajar SD hingga SMA sederajat, dan diiringi marcing band dari masing-masing utusan pawai.

Kemeriahan pawai Ta’aruf MTQ , disambung dengan Pembukaan  MTQ ke - III tingkat Kecamatan Bathin solapan pada Minggu  malam (15/03/2020), yang dibuka secara resmi oleh Plh Bupati Bengkalis, H. Bustami HY, juga didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kade Rismanto, Dan Anggota DPRD Dapil Bhatin solapan, Mandau dan Pinggir yang mana sangat mendukung dan mengapresiasi rangkaian acara pawai ta’aruf dan pembukaan MTQ yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Bhatin solapan tersebut.
Pada kesempatan itu Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bengkalis Kade Rismanto Mengatakan  Acara pembukaan MTQ ke - III Tingkat kecamatan Bhatin solapan yang dilaksanakan di Desa Simpang Padang pada malam hari ini terlihat sukses dan meriah, yang menunjukkan bahwa panitia sudah merancang dan mempersiapkan secara matang dan detail dalam penyusunan acara ini.

Sambung Kade Rismanto berharap musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke - III  tingkat bathin solapan ini tidak saja gebiar pada prosesi acara nya tapi tentu makna yang tersirat dari musabaqoh Tilawatil Qur'an itu diharapkan memang ini menjadi momentum beribadah bagi semua dan untuk menerapkan apa yang terkandung dalam makna isi di dalam Al-Qur'an itu dan kemudian diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari karena itulah yang paling penting.

"Musabaqoh ini kita lakukan, tidak hanya genderang kemegahannya, tidak saja lantunan ayat Qur'an nya saja tapi yang kita harapkan sebuah tradisi dan budaya memang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Kemudian bisa bersinergi dengan program pemerintahan kabupaten Bengkalis dan pemerintahan provinsi Riau yang beberapa waktu yang lalu juga menerapkan untuk magrib mengaji. "Mudahan-mudahan seperti zaman dulu setiap kampung kita ini selepas magrib kita dengarkan bacaan Alquran itu dan kita berharap itu bisa kita lestarikan bisa kita budayakan dan tradisi bagi kita yang terus kita lanjutkan di masa-masa yang akan datang," kata Politisi Partai PDIP yang akrab di sapa Kade itu

Dalam kesempatan tersebut, Kade juga menyampaikan Harapan untuk khafilah tentu yang pertama kami atas nama dari DPRD Bengkalis mengucapkan selamat bertanding junjung tinggi sportifitas mudah mudahan dari 13 desa sekecamatan bhatin solapan ini tentu ada nanti beberapa desa yang tentunya menjadi juara umum dan juara satu dan dua kita berharap betul betul apa yang disampaikan oleh Bapak Camat bahwa memang tidak ada khafilah dari daerah luar kita ambil jadi kalau misalnya memang juara umum juara satu ini kita berharap anak-anak dari kecamatan bhatin solapan ini memang berprestasi kemudian kedepan ini kita persiapkan untuk tingkat kabupaten dan tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

"Kemudian untuk dewan juri tentu kita berharap kami yakin dewan juri yang di tunjukkan dewan juri yang profesional dewan juri yang sudah biasa melaksanakan konstentasi musabaqoh Tilawatil Qur'an di kabupaten Bengkalis khusunya di kecamatan Mandau dan bhatin solapan ini kami berharap tentu wujudkan MTQ ini menjadi sebuah hal yang baik  tentunya kami berharap dewan juri juga dapat bersikap arif, bijak , berikan yang terbaik untuk negeri kita," terang Kade.

Hadir juga pada acara pembukaan MTQ ke - III Tingkat Kecamatan Bhatin solapan  di Desa simpang Padang Ketua LPTQ Provinsi Riau Ahmadsyah Haroofie, anggota forum koordinasi pimpinan daerah Bengkalis, para pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah kab Bengkalis, kepala kantor kementerian agama kabupaten Bengkalis, ketua tim penggerak PKK kabupaten Bengkalis, Camat Bhatin solapan, Camat Mandau, Camat Pinggir, Forkopimcam kecamatan Bhatin solapan, kepala desa se-kecamatan Bhatin solapan, kepala UPTD se-kecamatan Bhatin solapan, kepala KUA kecamatan Mandau, ketua MUI kecamatan Bhatin solapan, ketua lembaga adat melayu riau kecamatan Bhatin solapan,  ketua lptq kecamatan Bhatin solapan, dewan dan majelis hakim MTQ tingkat kecamatan Bhatin solapan tahun 2020, ketua beserta pengurus paguyuban dan ikatan keluarga se-kecamatan Bhatin solapan, kepala desa, ketua beserta anggota Bpd, kepala dusun, ketua Rw/Rt se-kecamatan Bhatin solapan, tokoh Agama, masyarakat, tokoh Pemuda dan perempuan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Plh Bupati Bengkalis, Bustami mengatakan  MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para Qori dan Qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten dan naik ke tingkat Provinsi.

Selain itu kata Bustami, dengan kegiatan MTQ ini diharapkan sebagai wahana untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, serta penyebarluasan Al-qur'an dan Al-Hadits.

"Harapan kami kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial atau bahkan pelaksanaan program santri tahun akhir semata. MTQ merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat islam yang saat ini sedang mengalami masa krisis, di mana Al-quran hanya sebatas ditenggorokan, belum menyentuh qalbu," harapnya.

Dikatakan Bustami, MTQ kecamatan Bathin Solapan yang ketiga ini mengusung tema “Gemar membaca Al-Qur’an merajut kebaikan, kedamaian dan kebersamaan, dalam mewujudkan Bathin Solapan yang ihsan”.

Setiap penyelenggaraan MTQ seperti ini, sepatutnya mampu untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah, karena yang di musabaqah kan adalah kalam dan firman Allah SWT.

Penyelenggara MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Qur’an serta mengamalkan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Bustami menambahkan, sungguh keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syi’ar keagamaan. tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai - nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat.

"Perlu kami sampaikan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani," ucap Bustami Diakhir sambutannya.

Kesempatan yang sama, Camat Bhatin Solapan Wahyuddin S.sos, MM dalam sambutannya mengatakan Malam ini kita melaksanakan musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat kecamatan bathin solapan , mudah-mudahan acara ini dapat berjalan lancar.

"Musabaqoh Tilawatil Qur'an merupakan salah satu cara mensiarkan agar agama Islam, pada intinya bahwa tidak hanya untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an tapi juga untuk mensiarkan dan memperluas agama Islam menjadi agama yang dapat kita kenal khusus nya di kabupaten Bengkalis, Saya sudah bertugas di tiga kabupaten dan provinsi bahwa kabupaten Bengkalis inilah musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat kecamatan meriah seperti ini," kata Wahyuddin.

Wahyuddin mengungkapkan terimakasih kepada panitia yang sudah bersusah payah hampir satu bulan menyiapkan kegiatan ini dengan berbagai persoalan dan Alhamdulillah pada malam hari ini dapat terselenggara kegiatan pembukaan ini dengan lancar.

"Terimakasih juga kami sampaikan kepada perusahaan - perusahaan yang telah memberi sumbangan baik dalam materi maupun non materi sehingga musabaqoh Tilawatil Qur'an ini dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Camat Wahyuddin juga berpesan untuk jaksa dan dewan hakim untuk dapat memberikan nilai yang  seadil-adilnya dan sebijak bijaknya tanpa melihat faktor keluarga dan faktor tempat tinggal sehingga dapat memberikan hasil kepada peserta yang melaksanakan kegiatannya karena apa yang telah diberikan dewan hakim tidak hanya bertanggung jawab kepada manusia tetapi akan bertanggung jawab di Yaumil massrar nantinya.

Kemudian kepada Qori dan Qoriah khafilah yang akan tampil saya harapkan memberikan yang terbaik kepada kecamatan bhatin solapan ini karena kami sudah komitmen bahwa kami akan menampilkan anak-anak yang ada di kecamatan bhatin solapan ini untuk di tingkat kabupaten tanpa mencari dari luar kecamatan Bhatin Solapan.

"Selanjutnya saya mohon maaf apabila dalam pembukaan malam ini dapat kekurangan dalam mempersiapkan kata-kata dalam pembukaan malam ini serta kepada bapak Plh Bupati  Bengkalis kami Ucapkan terimakasih telah membuka secara resmi musabaqoh Tilawatil Qur'an kecamatan bhatin solapan tahun 2020 ini," tutup Wahyuddin.(Adv/Bambang)

Related

Galery 2453084194032702526

Posting Komentar

emo-but-icon

BB

Siak

Siak

adv

adv

KASAD

KASAD

Uc

Uc

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item