Kampar Raih Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP

Jumat, 21 Januari 2020
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Pemerintah Kabupaten Kampar kembali meraih  penghargaan yakni penghargaa Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) level 3 dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan RI Perwakilan Provinsi Riau. Prestasi ini tak terlepas dari komitmen dari Pemerintah Kabupaten  bawah kepemimpinan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto dalam peningkatan tata kelola Pembangunan dan keuangan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Muhammad di Aula Pauh Janggi Gedung Daerah Riau di Pekanbaru pada hari Jum'at 21/02.

Penghargaan yang serahkan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, Ak., MBA, CA, CGAP, QIA, CFrA, ASEAN CPA yang bertepatan juga dengan acara pengukuhan Kepala BPKB Riau.

Usai menerima penghargaan Muhammad mengatakan bahwa Kapabilitas APIP yaitu kemampuan untuk melaksanakan tugas–tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM APIP kemudian
yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif" Kata Muhammad.

Alhamdulillah Kampar mampu memperoleh Kapabilitas APIP level 3 yang berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Kampar telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan.

"Begitu pun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal," Tambahnya lagi

Tentunya pencapaian level 3 itu melalui proses panjang dan membutuhkan perjuangan, pengorbanan tenaga, waktu dan pikiran. Di Tahun 2017, leveling Kapabilitas APIP kampar masih berada di Level 2, kemudian
Kita bentuk Tim Satuan Tugas (SATGAS) Kapabilitas APIP dan bekerja menyusun, menyiapkan seluruh infrastuktur dan dokumen serta mengirim Jabfung APIP untuk meningkatkan kompetensi melalui diklat, workshop, penjenjangan dan Bimtek yangg bersifat substantif.

Alhamdulillah, atas bimbingan BPKP Perwakilan Provinsi Riau, dan kerja sama semua  unsur Inspektorat Kampar serta dukungan penuh oleh pemerintah daerah, akhirnya proses pencapaian leveling dapat kami jalani dan berbuah hasil memuaskan" Bangga Muhammad.

Sebelumnya Dadang Kurnia meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan level APIP nya kepada yang lebih tinggi, tentunya ini tidak mudah untuk diraih perlu komitmen Pemerintah Daerah darn seluruh elemen, penilaian ini bersifat kobtiniu bisa saja Level ini menurun jika kinerja tidak sesuai dengan ketentuan indikator APIP" Pesan Dadang Kurnia dihadapan para Bupati dan kepala inspektorat se Peovinsi Riau tersebut.(Rls/ diskominfoKampar)

Related

kampar 3216981654278840133

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item