Pokdarwis Banglas Destinasi Siap Jadikan Desa Layak Wisata

Sabtu, 7 September 2019
Foto : Jembatan Pelangi salah satu wisata Desa Banglas Destinasi
MERANTI, RIAUPUBLIK.COM-- Bermula dari viralnya Jembatan Pelangi yang dibangun oleh Pemerintahan Desa Banglas, masyarakat antusias mengunjungi Banglas Destinasi yang berada di Jalan Pemuda Setia Desa Banglas Kecamatan Tebing tinggi. Pengunjung yang hadir bisa duduk santai sambil menikmati  keindahan alam yang ada seperti Sungai, Gunung pasir buatan, dan Jembatan pelangi.

Pantauan dari awak media di lapangan, pengunjung mengabadikan moment foto berselfie ria di Jembatan pelangi. Melihat antusias masyarakat yang datang, Syamsurizal selaku Kepala Desa sudah melihat peluang ini untuk dijadikan kesempatan sebagai inovasi desa yang bergerak di bidang potensi ekowisata.

"Saya ingin menjadikan Desa Banglas sebagai icon Desa wisata di Kecamatan Tebing tinggi, kami mulai mengerjakan wisata Mangrove ini," Katanya pada Sabtu (7/9/2019)

Seiring proses penyelesaian pembangunan Destinasi Wisata Mangrove, pemuda Desa Banglas bersama tokoh masyarakat membentuk Kelompok Sadar Wisata (PokDarWis) Banglas Destinasi (25/08/17) sebagai bentuk antusias dan kepedulian pemuda Desa Banglas untuk berkontribusi mendukung dan memajukan program yang dilakasanakan oleh Kepala Desa

Selaku ketua Pokdarwis terpilih Sufridaus menyampaikan, Kelompok Sadar Wisata ini dibentuk sebagai partisipasi dan kontribusi Pemuda Desa Banglas untuk menjadikan Desa Banglas sebagai Desa layak Wisata.

Pokdarwis yang sudah terbentuk melalui musyawarah secara sah akan ditetapkan SK oleh Kepala Desa, Tujuannya sebagai wadah kreatifitas Pemuda untuk menumbuhkan kesadaran pemuda dan masyarakat setempat guna melestarikan dan promosi potensi alam yang ada di Desa Banglas.

“Destinasi Banglas wisata mangrove ini kan pertama di Kecamatan Tebing tinggi dan tentunya sudah ada ekowisata mangrove di Kecamatan lainnya seperti Sungai tohor dan lemang. Ya keunggulan Destinasi Banglas ini didukung oleh akses fasilitas jalan yang mudah ditempuh dan juga berada dipusat kota Kabupaten” Jelas Daus

Tambahan informasi menurut keterangan warga setempat bahwa Desa Banglas adalah Desa tertua yang ada di Kabupaten Kepuluan Meranti. Selain potensi alam Mangrove dan Sungai terus yang akan digali menjadi Ekowisata, secara Historis Lokasi Wisata mangrove Desa Banglas ini mempunyai nilai sejarah pejuang Pahlawan dari Kepulauan Meranti yang kita kenal Mahmud Djalal.

“Sufridaus membenarkan Terkait Pahlawan Mahmud Djalal yang pernah tinggal pas di Lokasi Wisata mangrove ini, insyaAllah kami dari Pokdarwis akan membuat Prasasti tertulis untuk menceritakan sekilas tentang Jasa Pahlawan Mahmud Djalal” tambah Daus

Kedepannya Pokdarwis selain menggali dan melestarikan potensi alam menjadi layak wisata, kita juga akan mengembangkan dari sisi lainnya seperti menghidupkan kembali permainan rakyat, khas kuliner dan cenderamata bagi pengunjung.

“Harapannya wisata Desa Banglas Destinasi Mangrove ini bisa menghasilkan nilai ekonomis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat khususnya pemuda Desa Banglas” tutup sufridaus. (*KZ)


Related

Meranti 191295650185896387

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item