Bupati Natuna Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila

NATUNA, RIAUPUBLIK.COM - Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, memimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, bertempat di Halaman Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Sabtu (01/06/2019) pagi.

Meskipun dilaksanakan pada hari Sabtu dan bertepatan dengan semakin dekatnya cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, namun antusias Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Natuna mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila ini cukup tinggi.

Bupati Hamid Rizal, dalam sambutannya, membacakan amanat Plt Kepala BPIP RI, Hariyono, mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukanlah sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945, ketiga peristiwa tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, perdebatan tentang kelahiran Pancasila tidak lagi terjadi.

Dikatakannya, peringatan setiap tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk diamalkan sebagai warisan mulia para founding fathers.

Beragam budaya, suku, dan agama, dengan Pancasila kita dapat bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa yang menghormati para pejuang dan pendiri bangsa.

Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis” bintang penuntun, mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

“Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ujarnya.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, lanjut Hamid Rizal, Pancasila perlu dijadikan sebagi sumber Inspirasi, “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat, yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegasnya.

“Untuk itu, mari kita mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus,” pungkas Hamid mengakhiri sambutannya. (Win)

Related

Natuna 6366494386061916980

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item