Satgas MTF TNI Berikan Latihan Boarding Kepada Tim VBSS LAF Navy


Sabtu 23 Juni 2018 LEBANON,  RIAUPUBLIK. com-- Satuan Tugas (Satgas)  Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interm Forces In Lebanon (UNIFIL) memberikan latihan Boarding atau latihan pemeriksaan kapal kepada Tim Visit Board Search Seizure (VBSS) Lebanese Armed Forces Navy (LAF Navy) dengan menggunakan  KRI Usman Harun-359 di laut Medierania, Jumat (22/6/2018).
Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF)  TNI XXVIII-J /UNIFIL  Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si., menyampaikan bahwa latihan pemeriksaan kapal dilaksanakan dengan skenario latihan  KRI Usman Harun-359 berperan sebagai kapal yang bernama MV Karimata berlayar menuju pelabuhan Beirut
Dalam latihan ini diawali dengan laporan dari Coastal Radar Station (CRS) L3-Beirut kepada Tim VBSS LAF Navy mengenai kapal MV Karimata yang menuju pelabuhan Beirut dengan tidak melewati koridor yang telah ditentukan oleh otoritas Lebanon dan tidak terdapat di dalam daftar kapal yang akan masuk ke Lebanon.

Berdasarkan keterangan tersebut tim CRS menindaklajuti hal tersebut dengan meminta MV Karimata untuk stop mesin dan mengirimkan tim VBSS LAFNavy dengan menggunakan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) milik LAF Navy untuk mendekati geladak kapal target dan kemudian 10 personil LAF Navy naik dengan tangga taktis dan berhasil on board di geladak heli KRI Usman Harun-359 yang diskenariokan sebagai kapal MV Karimata.

Dalam aksinya Tim VBSS LAF Navy membagi dua tim yang bergerak secara terpisah menuju anjungan dan koridor utama kapal. Tim pertama tiba di anjungan melalui geladak torpedo dan segera melakukan pemeriksaan terhadap Kapten dan empat kru kapal. 

Setelah diperiksa, empat kru kapal diamankan oleh tim kedua VBSS LAF Navy, sedangkan Kapten kapal dibawa masuk ke dalam anjungan oleh tim pertama untuk pengecekan berkas-berkas serta penggeledahan terhadap muatan kapal.

Selanjutnya tim VBSS LAF Navy menemukan bahwa berkas-berkas kapal cukup meragukan dan setelah dilaksanakan penggeledahan berulang kali,  tim VBSS LAF Navy menemukan barang terlarang yang dibawa oleh kapal tersebut sebagai tanda latihan berakhir.

Usai Latihan, Komandan tim VBSS LAF Navy Lieutenant Ellie el Sayah memerintahkan seluruh anggotanya berkumpul di anjungan untuk melaksanakan debrief dari tim penilai yaitu Letda Laut (P) Damartama PAN, S.Tr.Han selaku Boarding Officer dari KRI Usman Harun-359. Tim penilai dari KRI Usman Harun-359 menyampaikan hasil secara singkat kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personel tim VBSS LAF Navy dimulai dari penyampaian pre-boarding instruction terhadap kapal target, gerakan pengamanan visual mengelilingi kapal target dan penanganan terhadap kapten dan ABK kapal target.

Kolonel Laut (P) Alan Dahlan usai  kegiatan menyampaikan bahwa latihan pemeriksaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan LAF Navy dalam melaksanakan pengamanan maritim yang merupakan salah satu tugas pokok MTF UNIFIL. Selain itu, juga untuk meningkatkan interoperability CRS dengan tim VBSS LAF Navy terutama pengerahan pasukan menggunakan RHIB. **

Related

TNI/Polri 4385199740197142922

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item