Gubernur Riau Bersama Wakil Bupati Rokan Hilir Resmikan Istitut Agama Islam di Kubu Babusalam


ROKANHILIR, RIAUPUBLIK.COM- Dalam rangka Peresmian perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) menjadi Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Rokan Hilir di Sei Pinang (7/9 2019) ditandai dengan Penanda tangan prasasti buka tirai papan plang bersa gubernur didampingi wskil Bupati dinas Pendidikan rohil ketua yayasan dan Rektor aswaja.

Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin mengatakan ..., atas nama pemerintah dan masyarakat rokan hilir, kami ucapkan terima " Selamat Datang, kepada Bapak Bapak Gubernur Riau dan juga Bapak Koordinator Kompertis XII Riau Kepri, di Kepenghuluan Sungai Pinang Kecamatan Kubu Babussalam ini," ucap Jamiluddin.

Dengan kehadiran Gubri, harap Wabup akan menjadi daya dorong semangat dalam upaya membangun kualitas sumberdaya manusia, khususnya di Negeri Seribukubah Kabupaten Rokan Hilir," harapnya.

Disampaikan Jamiludin, bahwa dalam membangun dan meningkatkan sumberdaya manusia di Kabupaten Rokan Hilir, tersedia berbagai jenjang pendidikan, baik Negeri maupun Swasta. Mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi. Rokan Hilir memiliki 181 Taman Kanak-kanak, 419 Sekolah Dasar, 206 Sekolah Menengah Pertama, 60 Sekolah Menengah Umum,65 Sekolah Agama dan 3 Perguruan Tinggi ,yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rokan di Km 6 Bahtera Makmur, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ar Ridho Bagan Siapi-api dan Institut Agam Islam (IAI) Dar Aswaja Sungai Pinang, Kubu Babussalam," jelas Jamiludin.

"Suatu hal yang menggembirakan bagi kita semua, bahwa ke 3 Perguruan Tinggi yang berada di Rohil lebih berorientasi pada pembangunan berkarakter, yang tentunya tanpa mengesampingkan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang lain,terutama dalam menangkal derasnya pengaruh budaya global yang terbawa arus teknologi informasi saat ini, pembangunan mental spiritual yang dapat menjadi benteng agar generasi saat ini dan generasi yang akan datang memiliki karakter dan berkepribadian Indonesia.

Lebih lanjut, Kata Wabup bahwa Perguruan Tinggi sebagai salah satu elemen dalam system  Pendidikan Nasional mempunyai tanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengwujudkan Visi Indonesia 2023 untuk menciptakan masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri dan berdaya saing tinggi dalam kancah internasional.Termasuk Perguruan Tinggi Agama Islam,dituntut untuk menghasilkan lulusan berkualitas serta mampu memberikn tawaran solusi terhadap berbagai masalah kemanusiaan dan bangsa," bebernya.

' Dengan diresmikan Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja ini nantinya mampu berkompetisi dengan para lulusan perguruan tinggi lainnya,," tutup Jamiludin.

Sambutan Gubernur Riau (Gubri) Drs.H.Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Riau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Institut Agama Islam Dar Aswaja yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pembangunan khususnya pembangunan di bidang pendidikan,ini merupakan satu-satunya Institut yang ada didaerah Kabupaten Rokan Hilir.

Sesuai dengan SK Menteri Agama nomor 456 tahun 2019 tentang perubahan bentuk dari sekolah tinggi ilmu tarbiyah menjadi Institut Agama Islam Dar Aswaja dengan tiga fakultas , yaitu fakultas tarbiyah, fakultas ekonomi, dan fakultas Ushuluddin, lembaga ini akan menjadi perhatian pemerintah daerah di samping akan dijadikan sebagai aset daerah yang kita percayakan membangun manusia yang beriman dan bertakwa, melahirkan sarjana-sarjana yang berilmu pengetahuan. 

Untuk itu kerjasama yang akan kita perkuat, insya Allah pada tahun 2020/2021 Kami berharap paling tidak sebanyak 2.000 orang tamatan Madrasah dan SMA, SMK dan Pondok Pasantren bisa kuliah di Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa percepatan pembangunan, khususnya pembangunan di bidang pendidikan sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang kita miliki, apa lagi saat ini Pemerintah sedang giat membangun,maka Kehadiran IAI Dar Aswaja ditengah-tengah masyarakat khususnya di kabupaten rokan hilir dan umumnya  provinsi Riau diharapkan dapat menjadi kekuatan bagi pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, profesional dan bermoral.

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat, Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir tentu saja harus menetapkan hakikat Perguruan Tinggi itu sendiri, Hal ini, ditegaskan kembali demi menjaga mutu perkuliahan, sekaligus mutu lulusannya.

Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir kami harapkan mampu dan siap dalam menghadapi globalisasi khusus nya pada konteks regional, dengan menyiapkan diri sebaik mungkin melalui berbagai kegiatan akademik yang berkualitas.Sehingga mampu menghasilkan SDM yang kompetitif dan tangguh,visioning, respositioning Strategy, dan leadership.

Bersempena Peresmian Institut Agama Islam pada hari ini, selaku Gubernur Riau beserta jajaran, saya ucapkan selamat kepada Pimpinan baik Ketua Yayasan, Rektor IAI Dar Aswaja Saudara Usman Syaugi dan seluruh pengurus fungsionaris serta segenap civitas akademika IAI Dar Aswaja..(Jum)

Related

Rohil 845861031540599401

Posting Komentar

emo-but-icon

Bareskrim

Siak

Siak

Kapolres Rohil

Kapolres Rohil

KASAD

KASAD

Ikln

Ikln

At

At

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item