RSUD Tengku Rafi'an Kabupaten Siak, menggelar program kesehatan

Kamis, 22 Agustus 2019
SIAK, RIAUPUBLIK.COM-- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi'an Kabupaten Siak, menggelar program kesehatan terhadap para pasien dan keluarga saat berada di ruang tunggu rumah sakit. Kegiatan tersebut  rutin dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. Pelaksanaannya dua kali dalam sebulan, yakni awal dan pertengahan bulan.

"Promosi Kesehatan ini kita berikan kepada pasien yang sedang menunggu pelayanan. Kita manfaatkan waktu tunggu mereka dengan mengisi pemaparan tentang informasi kesehatan, baik secara visual dari presentasi layar proyektor maupun keterangan dari petugas pemateri kami baik dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, apoteker, ahli gizi, perawat dan petugas lainnya sesuai topik yang ditampilkan" ujar Direktur RSUD, dr. H. Benny Chairuddin, Sp.An, M.Kes kepada Humas Siak, Kamis (22/8/2019).

Benny menuturkan, promosi kesehatan (promkes) akan terus dilakukan sepanjang tahun. Berbagai topik seputar kesehatan akan diberikan. Promkes tersebut dilaksanakan dengan memanfaatkan waktu tunggu pasien demi efisiensi. Sebab, jika harus memanggil secara khusus, pasien dan keluarganya jarang mau hadir.

"Dengan memanfaatkan waktu saat di ruang tunggu ini akan lebih efektif. Karena mereka dipastikan akan mendengarkan sambil menunggu pelayanan dari kami," ungkapnya.

Materi kesehatan lanjut Benny, pada setiap sesi penyampaian diberikan berbeda-beda. Tujuannya agar seluruh masyarakat dapat hidup lebih sehat dan mampu melakukan penanganan penyakit secara mandiri sebelum mendapat perawatan medis dari rumah sakit.

"Karena Promkes bersifat preventif, jadi tujuan penyuluhan ini sendiri adalah agar pasien dan keluarga pasien bisa mencegah terjadinya penyakit, dan juga bisa melakukan penanganan pertama saat terjadi penyakit" sebut dia.

Selain itu kata Benny, para petugas terutama yang membidangi  Promkes rutin melaksanakan kunjungan ke ruang rawat inap untuk memberikan informasi dan edukasi tentang penyakit yang di derita bagi pasien maupun keluarga yang menunggu.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi semua dalam rangka mencapai masyarakat  Siak sehat dan sejahtera" harapnya.

Salah seorang pasien, Thania Shafira mengatakan, informasi yang disampaikan pihak rumah sakit sangat membantu. Pengetahuan tersebut kerap digunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Menurut saya sangat baik sekali dan sangat berarti. Karena dari kita yang mungkin tidak tahu sama sekali tentang kesehatan jadi lebih mengerti terhadap penanganan dan upaya menghindari penyakit" katanya.

Dirinya mengaku mendapatkan informasi kesehatan tentang infeksi pada masa nifas saat sedang mengantri di RSUD Tengku Rafian. Cara penyampaian pemateri, disebutnya tidak membosankan dan ada sesi tanya jawab. *

Related

Siak 2826471737883030612

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item