Panglima TNI : Sidang Ke 15 HLC Malindo Merupakan Forum Strategis Kedua Negara


Rabu, 22 Agustus 2019
MALAYSIA, RIAUPUBLIK.COM-- Sidang ke-15 High Level Committee Malaysia-Indonesia (HLC Malindo)  merupakan forum  yang bernilai strategis bagi kedua negara dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

Demikian disampaikan Panglima TNI  Marsekal TNI  Hadi Tjahjanto, S.I.P. selaku Ketua HLC Indonesia yang diwakili oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji saat membuka sidang ke-15 HLC Malindo  bersama Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jeneral Tan Sri Dato’ Seri Panglima Haji Zulkifli bin Haji Zainal Abidin di Hotel Royale Chulan, Kualalumpur Malaysia, Kamis (22/8/2019).

Panglima TNI  Marsekal TNI  Hadi Tjahjanto, S.I.P.  menyampaikan berbagai tantangan dan ancaman perlu diperhatikan dan diwaspadai dengan seksama antara lain terorisme dan kejahatan lintas negara seperti penyelundupan manusia, penyelundupan barang, penyelundupan senjata, narkoba, serta permasalahan yang masih berkembang di wilayah Laut China Selatan. “Kemajuan teknologi memberi kemudahan untuk melaksanakan berbagai hal. Di sisi lain bahkan kelompok teroris dan aktor kejahatan lintas negara menggunakan teknologi siber untuk melaksanakan operasinya,” tambahnya.

“Keamanan siber telah menjadi salah satu dari enam isu utama kerja sama militer, yakni bantuan kemanusiaan dalam penanggulangan bencana, misi pasukan perdamaian dunia, keamanan maritim, penanggulangan terorisme, kesehatan militer dan pemberantasan ranjau atas dasar kemanusiaan,” kata  Panglima TNI.

Panglima TNI  Marsekal TNI  Hadi Tjahjanto, S.I.P  juga menyampaikan sidang ke-14 HLC Malindo tahun lalu telah dilaksanakan di Jakarta  menghasilkan berbagai kesepakatan yang bermanfaat bagi kedua pihak.  Empat komite bersama di bawah forum HLC Malindo sejauh ini secara umum telah melaksanakan kegiatan sesuai bidang masing-masing dengan baik di bidang operasi dan bidang non-operasi.

Sementara itu Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jeneral Tan Sri Dato’ Seri Panglima Haji Zulkifli bin Haji Zainal Abidin selaku ketua delegasi menyampaikan tujuan utama  sidang  ke 15 HLC Malindo sebagai platform kepada semua delegasi untuk bertemu secara resmi membahas isu-isu yang mempunyai kepentingan bersama terutama keamanan perbatasan Malaysia dan Indonesia.

Kerjasama yang komprehensif ini diharapkan mampu memberikan dampak yang positif serta bermanfaat bagi kedua negara khususnya di kawasan perbatasan dan  mampu mengatasi berbagai permasalahan di lapangan serta dapat mewujudkan kawasan perbatasan kedua negara yang lebih aman dan damai. r07






Autentikasi :
Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono
 

Related

TNI/Polri 3518181733834831297

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item