Perkebunan Sebagai Sektor Perekonomian Dirohil

Minggu, 12 Mei 2019
RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sampai saat ini masih terus mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian. Pasalnya, kedua program tersebut sangat bermanfaat dan sebagai sektor perekonomian bagi masyarakat khususnya dinegeri seribu kubah.

Baru-baru ini Bupati Suyatno  beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi. Kedatangan Bupati Suyatno dan rombongan disambut Camat Sinaboi Hasyim, Datuk Penghulu Raja Bejamu dan Sungai nyamuk, serta petani kencur.

Sebelumnya tanaman kencur yang di tanami petani milik warga Sinaboi ini menarik perhatian sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit.

"Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memamfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi. Bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insa Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini," Ucapnya disela kunjungan.

Sementara itu, Camat Sinaboi Hasyim menyambut baik atas kunjungi Bupati Suyatno ke wilayah kerjanya dalam rangka melihat langsung tanaman kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi. "Kami atas nama masyarakat Sinaboi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang melihat langsung tanaman kencur milik warga ini," katanya.

Menurut Hasyim tanaman kencur ini sangat menjanjikan dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan kedepannya perlu di budidayakan karena tidak sulit untuk menanamnya. Selain itu juga mempunyai harga jual yang lumayan tinggi di pasaran dan tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya.

"Bayangkan saja dengan luas tanah cukup ukuran 30 x 30 M persegi,dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa di panen,dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual,Bisa di bayangkan dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp29.000,-,jika dikalikan 1 ton/1000 Kg x Rp29.000 ribu sama dengan Rp29.000.000.- sekali panen," terangnya.

Sementara untuk bibit awal tanaman kencur ini,sambung Hasyim lagi dapat dibeli di toko pertanian. Namun, setelah ditanam bibit kencur ini bisa di budi dayakan, sebab tanaman ini sebelum panen sudah ada tunas untuk  ditanam pasca panen.

Untuk itu Hasyim mengajak masyarakat untuk mengambil peluang ini dengan menanam kencur ini. "Ayo kita menanam kencur untuk menambah pendapatan keluarga," pungkasnya.

Serahkan Alat Perontok Padi Kepada Petani

Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno AMp menyerahkan 10 unit alat perontok padi ( power tresor) bantuan dari pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir.

Bantuan tersebut langsung di serahkan bupati suyatno dan turut di hadiri kepala dinas ketahanan pangan holtikultura provinsi riau, kepala dinas ketahan pangan Rohil, Isa ahmadi dan undangan lainnya.

Bupati suyatno mengatakan Kalau bantuan ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat dan pemerintah derah kepada petani rokan hilir, dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

"Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah di arit kedalam mesin dan menghasilkan gabah besih," papar Suyatno.

Selain itu, Bupati Suyatno mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik, untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.
Sementra itu, kepala dinas ketahanan Pangan Rohil, Isa ahmadi menjelaskan, 10 unit alat perontok padi di berikan kepada sepuluh kelompok tani tersebar di empat kecamatan dirohil yakni kecamatan rimba melintang, Sinaboi, pekaitan dan kecamatan pekaitan.

"Dengan adanya alat perontok padi, petani tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif, dan efeaien," harap Isa.

Selaian itu, jelas Isa, melalui program serasi untuk tanaman padi dirokan hilir saat ini dari IP seratus meningkat menjadi IP dua ratus. (Adv/Jumaris)

Related

Rohil 4135398360940866651

Posting Komentar

emo-but-icon

.

.

uc

uc

adv

adv

MAS

MAS

Ikl

Ikl

At

At

UCP

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Ucp

Ucp

Komisi Pemberantasan Korupsi

Pemrov Riau

PEMKAB SIAK

dewansiak

Follow Us

Kta DPRD

Kta DPRD

Ik

Ik

r

r

Siak

Siak

Uc

Uc

Knpi

Knpi

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item