POTENSI TANAH LONGSOR DI DISTRIK WAROPKO DI DATA TIM EKSPEDISI NKRI

Selasa, 12 September 2018

WAROPKO, RIAUPUBLIK.Com-- Tim Potensi Bencana Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mindiptana mendata titik longsor di sekitaran Distrik Waropko yang jika tidak segera diatasi ketika hujan turun dengan curah tinggi akan menyebabkan putusnya jalan utama yang menghubungkan beberapa Distrik di Mindiptana, Senin (11/9).

Bencana tanah longsor yang sering terjadi di wilayah Indonesia  merupakan akibat curah hujan yang besar Sebab, hujan terus-menerus dalam beberapa waktu, tidak hanya menyebabkan banjir, tetapi juga menimbulkan longsor yang sering kali mengakibatkan korban jiwa.

Kewaspadaan masyarakat menjadi hal yang sangat  penting untuk selalu tetap meningkatkan pengetahuan terhadap dampak yang ditimbulkan akibat peningkatan curah hujan tinggi. Dampak yang ditimbulkan seperti banjir,tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan yang licin.

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Agung Wahyu Perkasa menyampaikan,”kita juga harus mengedukasi warga di sekitar wilayah yang terancam longsor, untuk tidak melakukan penebangan dan merusak hutan."Sebutnya.

Lanjutnya,“Upaya mengurangi potensi bencana dalam jangka panjang dengan melakukan penghijauan (Reboisasi) sehingga tidak ada bukit-bukit yang gundul, yang menyebabkan longsor ketika hujan lebat tiba”, tambah Dansubkorwil-4/Mindiptana.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Adapun tujuan dari Ekspedisi NKRI 2017 adalah mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan cinta tanah air, membangkitkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.

Wilayah Ekspedisi 2017 dilaksanakan di 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di kab. AsmatSubkorwil-2/Mappi di kab. Mappisubkorwil-3/Merauke di kab. Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di kab. Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kab. Boven Digoel

Materi yang dilaksanakan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.(r18)

Related

TNI/Polri 3346113103518516312

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item