Musim Penghujan,Pemkab Rohil Waspadai Banjir Intensitas Hujan Meningkat, Beberapa Ruas Jalan di Bagansiapiapi Tergenang Banjir Akibat Banjir Jalin Provinsi Riau Terputus

Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Provinsi Riau ) H Suyatno
RIAUPUBLIK.COM, ROKANHILIR -Memasuki akhir tahun biasanya intensitas hujan cukup tinggi dibeberapa wilayah di Indonesia,termasuk kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Guna mengantisipasi dini,Pemerintah daerah (Pemda) telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mengantisipasi dini jika terjadi banjir yang bisa menimbulkan gangguan yang berdampak bagi negatif aktifitas masyarakat.

"Memang kalau akhir tahun seperti ini ada beberapa daerah yang menjadi langganan banjir,seperti di kecamatan Bangko.Guna menanggulanginya, Bupati sudah memerintahkan kepada pihak terkait untuk bisa melakukan berbagai kegiatan penanganan dampak banjir misalnya untuk di kecamatan Bangko akan ditingkatkan lagi normalisasi saluran air yang ada,"ujar plt sekdakab Rohil Drs Surya Arfan MSi,Kamis (10/12) di Bagansiapiapi.

Kata Sekda,yang menjadi gambaran beberapa daerah yang rawan banjir karena memiliki permukaan tanah yang rendah seperti di kota Bagansiapiapi khususnya.
Plt Sekertaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Prov Riau ) Drs Surya Arfan,MSi

Langkah yang diperlukan misalnya harus meningkatkan normalisasi sehingga air yang masih bertahan di permukaan tanah bisa lancar menuju ke sungai menuju ke laut.

Surya Arfan menerangkan pemerintah daerah bisa memanfaatkan air banjir untuk dijadikan ketersediaan air bersih mengingat melimpahnya sumber air jika musim penghujaan seperti saat ini,karena di Rohil memiliki beberapa anak sungai yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi sumber air bersih di Bagansiapiapi.

"Tentu ini bisa bermanfaat untuk ketersediaan air bersih di Bagansiapiapi.Kalau tidak salah perencanaannya sudah ada melalui Bappeda kita (pemda) sudah rembukkan dengan dinas Bina Marga bagaimana caranya agar pengelolaa sumber air bersih bisa terwujud,"terangnya.

Menurutnya ada beberapa daerah yang sering kena banjir dan perlu diwaspadai dsaat musim penghujan seperti ini,diantaranya Kecamatan Rantau Kopar,Kecamatan Pujud,Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Bangko.

Namun,katanya ada beberapa desa di Rohil yang berdekatan langsung dengan sungai malah menguntungkan mereka jika musim penghujan seperi ini bahkan bisa menambah inkam bagi mereka karena menurut mereka ikan akan melimpah.Namun perlu juga diwaspadai.

Selain itu,dirinya juga meminta kepada dinas sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar tetap waspada dan tetap melakukan pemantauan di beberapa wilayah di Rohil yang dianggap rawan bajir.Dan jika ditemukan segera lakukan penanggulangan dan secepatnya memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat.(RPc/ jumaris)

Related

Rohil 4604282315284841905

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item