Bersama 500 Anak Yatim NU Riau Doakan Irjen Pol M. Iqbal Jabat Kapolda Riau



RIAUPUBLII.COM, PEKANBARU - Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Provinsi Riau Menggelar Yasinan, Tahlil dan doa bersama bersempena pelantikan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S. i. K., M.H, Minggu, (2/1/22). 

Acara yang di gelar di RA Kopi Aren jalan Siak II Palas Rumbai Kota pekanbaru itu dihari oleh para kyai, tokoh masyarakat, dan 500 anak yatim. 

Sebelum memasuki acara puncak pembacaan surah yasin, acara diawali dengan pembacaan shalawat yang dipimpin ananda Fahri. Tampak para peserta dengan lancar dan khusus saat membacakan sholawat yang ditujukan kepada ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad, SE dan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal. 

Tampak hadir pada pembacaan Yasin, tahlil dan doa untuk Irjen Pol Mohammad Iqbal, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Riau Prof. Dr. H Ilyas Husti, para Kyai Nahdatul Ulama, ,Asintel Kejaksaan Tinggi Riau Raharjo Budi Kisnanto, S.H., M.H., PengurUS PW NU Riau, Pengurus Santri Tani NU, tokoh lintas agama, Kapolres Pekanbaru Priya Budi, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal beserta jajarannya. 

Pada acara inti, di buka oleh H. Maruli Hasibuan, S. H., M. H, kemudian dilanjutkan  dengan pembacaan ayat al Qur'an oleh Dr. H Khairunnas Jamal, M.A. yang dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin yang dipimpin oleh Dr. Perlin Hasibuan,  S.H., M.H. Pembacaan Doa yang dipimpin oleh Prof. Dr. KH Ilyas Husti, MA. 

Sebelum pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan Tausyah yang  disampaikan oleh Raharjo Budi Kisnanto, S.H., M.H.

Mengawali tausiahnya Budi Raharjo mengucapkan selamat kepada kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang memimpin Polda Riau. 

Budi Raharjo berpesan agar masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan. Ia menekankan rasa toleransi antar umat beragama sangat diperlukan demi tercapainya persatuan dan kesatuan tersebut.

“Kita harus mencontoh kepada Nabi Muhmaad SAW, yang  memiliki toleransi kepada pemeluk agama lain. didalam kehidupan sehari harinya,  Nabi Muhammad menghargai pemeluk agama lainnya, sebagaimana yang dikatakan didalam Alquran bahwa Bagiku agamaku, bagimu agama mu”.

Budi Raharjo juga berpesan didalam menjalankan perintah agama, yang perlu ditekankan ialah bagaimana menjalankan kewajiban yang diperintahkan oleh ajaran gama masing masing tanpa harus menjelek-jelekkan ajaran gama lain, bahkan menanamkan kebencian dan permusuhan kepada pemeluk agama lain.

“Seperti yang termaktub dalam Sila Ke Tiga Pancasila yang berbunyi persatuan Indonesia. itulah yang menjadi tonggak bagi kita semua agar kita selalu bersatu," pungkas Asintel Kejati Riau itu.

Budi Raharjo juga mewanti wanti kepada masyarakat, khususnya para generasi muda agar jangan mudah terprovokasi bahkan larut dalam ajaran ajaran kebencian yang selalu berseliweran di sekitar kita, utamanya di dunia maya yang di kahwatirkan menjadi bibit timbulnya radikalisme.

Untuk itu ia menaruh harapan besar kepada para alim ulama untuk meng-counter ajaran ajaran menyimpang yang dapat menimbulkan bibit radikalisme itu dengan memberikan pengajian pegajian yang menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan rasa persatuan antar umat beragama.

“Jika ada permasalahan di lapangan terkait ajaran menyimpang, segera selesaikan bersama melalui Badan koordinasi pengawas aliran kepercayaan masyarakat dan keagamaan  (Bakorpakemagar dapat dibahas dalam forum Bakorpakem. Jangan diselesaikan secara sepihak. Berikan informasi tadi kepada Bakorpakem, agar segera di tindaklanjuti apa yang menjadi permasalahan di masyarakat” tutup Budi Raharjo.

Sementara itu Ketua PW NU Provinsi Riau T. Rusli Ahmad, SE dalam sambutannya mengatakan, pembacaan surah yasin, tahli dan doa bersama ini bertujuan untuk mendoakan Irjen Pol Mohammad Iqbal yang akan dilantik sebagai Kapolda Riau, agar dalam menjalankan tugasnya selalu di mendapat Rahmad dari Allah SWT.

Ketua PW NU Riau Yang juga Ketua umum Santri Tani NU itu mengungkapkan bahwa telah mengenal Irjen Pol Mohammad Iqbal semasa menjabat kasat lantas Polresta Pekanbaru beberapa tahun silam. Dari pengalamannya mengenal Irjen Pol Mphammad Iqbal, Rusli Ammad mengatakan bahwa Mantan Kapolres Dumai itu merupakan sosok yang ramah kepada siapa pun.

“beliau merupakan orang yang hamble dan memiliki hati yang bersih," ungkap T. Rusli Ahmad.

Rusli Ahmad juga sempat menyinggung tentang bahaya radikalisme, ia optimis Nahdatul Ulama Provinsi Riau dapat memberi Kontribusi dalam menekan bahaya Radikalisme. Dimana kata dia, dengan struktur kepengurusan PWNU Riau yang banyak di isi oleh para kyai dan Akademisi akan mampu melawan paham radikalisme yang selalu menjadi ancaman bagi stabilitas keamanan di Indonesia. 

Dengan banyaknya para akademisi dan Para Kyai yang menjadi pengurus PW NU Riau, Rusli Ahmad  optimis Nahdatul Ulama dapat menjalankan fungsinya  menjadi benteng terhadap paham paham dan aliran menyimpang yang dapat merusak generasi muda. 

“Tentunya diiringi dengan doa, utamanya doa orang tua dan doa dari adik-adik yatim piatu ini. karena dengan Ridho orang tua dan doa dari adik-adik yatim piatu ini insyaallah apa yang kita kerjakan akan dimudahkan oleh allah, SWT," kata Ketua PW NU Riau itu.

Kapolda Riau Ijen Pol Mohammad Iqbal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad yang telah menggelar doa bersama yang di khususkan kepadanya. 

“Saya berterimakasih banyak bahwa acara pada malam ini diperuntukan kepada saya. Ketua PW NU Riau adinda Rusli Ahmad menyampaikan kepada saya bahwa beliau berniat menggelar doa bersama, agar dalam menjalankan tugas sebagai kapolda Riau, saya selalu di bimbing oleh Allah, SWT. Untuk itu Mohon doakan saya terus sehingga saya dimudahkakn dalam menjalankan amanah ini," tutup Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Usai pemberian kata sambutan, acara di tutup dengan doa bersama.yang dikhususkan untuk kapolda Ijen Pol Mohammad Iqbal. Dimana pembacaan doa dilaksanakan secara bergiliran dari kelima agama. ***


Setelah pembaca doa, acara ditutup dengan pemberian sagu hati kepada 500 anak yatim secara simbolis oleh kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang didampingi Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad.

Related

Pekanbaru 8664733175644696995

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item