Di Siak Hulu! Akses Kampar-Pelalawan Tidak Jalan Provinsi


PEKANBARU, RIAUPUBLIK.COM-- Pemerhati kebijakan sosial pemerintah daerah, Indra Maulid menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau belum memiliki jalan provinsi penghubung antar Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan. Hal tersebut diutarakan Indra Maulid, Senin (10/04/2023) dalam kegiatan Q and A (Question & Answer) bersama media online riaupublik.com di Tanjak Coffe Pekanbaru. 

Ia mengutarakan, selama ini masyarakat menggunakan jalan nasional lintas timur dalam akses transportasi dari Kampar menuju Pelalawan, begitu juga sebaliknya dari Pelalawan menuju Kampar.

"Itu artinya, masyarakat Kampar dan Pelalawan hingga saat ini belum menikmati infrastruktur jalan dari Pemerintah Provinsi Riau untuk menuju Pelalawan atau Kampar", terangnya. 

Indra menyebutkan sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) Riau bersumber dari daerah Kampar dan Pelalawan. "Oleh karena itu, sudah sewajarnya Pemprov (Pemerintah Provinsi-red) Riau membuat gagasan baru infrastruktur jalan penghubung Kampar-Pelalawan", sebut Indra.

Indra mengusulkan kepada Pemprov Riau untuk rencana jalan provinsi dari Kampar menuju Pelalawan, dapat dirintis melalui jalan perkebunan yang berada di Kecamatan Siak Hulu di Kampar dan Kecamatan Langgam di Pelalawan.

"Pemprov Riau tinggal minta pembebasan lahan untuk badan jalan kepada pemilik perkebunan. Tidak panjang kok, cuman 25 kilo meter, jika dilihat dari google maps", ucapnya.

Jarak 25 KM tersebut, Indra pernah mengukur via google maps di titik jalan raya Lubuk Ogung-Langgam menuju Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. 

Indra mengakui, "Tentu ukuran yang saya lakukan belum valid. Untuk tahu pastinya, tentu dilakukan ukuran yang objektif dengan alat ukur yang telah ditentukan pemerintah untuk merintis rencana jalan baru".

Apa untungnya, jika jalan tersebut dibangun?

"Tentu banyak keuntungannya", jawab Indra.

Kata Indra, diantaranya akses jalan masyarakat Siak Hulu menuju Langgam diperkirakan lebih cepat 45 menit jika dibandingkan via lintas timur. 

Sebaliknya, masyarakat langgam menuju Bangkinang atau Pekanbaru via Siak Hulu akan terpangkas waktunya lebih kurang 45 menit.

Indra menyebutkan bahwa pengguna jalan tersebut bukan saja masyarakat Kampar dan Pelalawan saja, namun masyarakat di Pekanbaru pun bisa menggunakannya untuk tujuan Pelalawan dan Kuansing via jalan poros PT. RAPP.

"Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya", tegas Indra.

Selain itu, apa lagi keuntungannya?

"Saya tambahkan satu lagi keuntungannya. Sebenarnya, masih ada keuntungan-keuntungan yang lahir dari pembangunan jalan terbit, bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya, sejarah, pelayanan untuk masyarakat dan lainnya", tandasnya.

Untuk sejarah, Indra menjelaskan bahwa, dahulunya Wakil Presiden RI ke 5 pernah berkunjung ke Desa Pangkalan Baru, Siak Hulu, tepat tahun 1985 dalam rangka peresmian masjid taqwa Pangkalan Baru.

"Oleh sebab itu, kami masyarakat Kampar dan Pelalawan mengajak Pemprov Riau mengenang jasa Wakil Presiden RI ke 5, Sudharmono dengan cara memberi nama jalan provinsi Kampar-Pelalawan dengan nama jalan Wapres Sudharmono", pinta Indra Maulid. (Redaksi)

Related

Pekanbaru 5333099992998607008

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item